Shadow

Suka Motret Makanan? Ini Tips Agar Menjadi Food Photograper Andal!

Sumber: Freepik.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Zaman di mana teknologi sudah maju seperti sekarang, banyak barang elektronik tersedia dengan kemampuan baik. Dimulai dari ponsel, laptop, hingga kamera. Dengan adanya kamera, yang juga tersedia di ponsel, membuat seseorang ingin mengabadikan segala sesuatu yang ada di depannya.

Salah satu hal yang selalu ingin diabadikan ialah makanan. Makanan dengan tampilan yang menarik selalu membuat siapapun untuk mengabadikannya. Dengan cara mudah biasanya orang memotret makanan melalui ponsel. Namun tak sedikit juga yang tertarik dengan menggunakan kamera.

Memotret makanan dapat disebut dengan istilah food photography. Menurut sebagian fotografer, memotret makanan tidaklah mudah. Karena selain menyusun konsep pemotretan, ia juga diharuskan untuk membuat makanan tetap segar dan diharuskan memindahkan rasa makanan ke dalam gambar yang dihasilkan.

Berikut ini merupakan tips yang dapat kamu lakukan apabila kamu ingin menjadi food photograper:

  1. Berikan Pencahayaan yang Pas

Mengenai pencahayaan, cahaya yang dibutuhkan harus pas jangan kurang dan jangan terlalu banyak. Apabila cahaya yang didapatkan terlalu banyak, carilah alat yang dapat digunakan untuk mengontrol cahaya, contohnya yaitu black card. Cahaya yang dianjurkan ialah menggunakan cahaya matahari agar warna dari makanan terlihat natural dan lebih enak dilihat. Jangan gunakan flash camera karena memberikan efek yang kurang bagus pada makanan.

  1. Pilih Properti yang Menarik

Agar membentuk makanan terlihat lebih menarik, seorang fotografer harus menggunakan properti-properti yang sesuai dan menarik pula. Contohnya seperti properti utama seperti gelas, piring, atau mangkuk. Selain itu terdapat properti pendukung seperti bahan makanan yang digunakan. Jangan lupa untuk tetap perhatikan kombinasi warna yang digunakan antar properti. Kombinasi warna yang seimbang akan terlihat lebih menarik, sehingga kamu diharuskan kreatif menentukan warna-warna di dalam objek yang akan dipotret.

  1. Beri Ruang Kosong

Gunakan makanan dalam porsi yang sedikit. Semakin sedikit makanan yang ditampilkan maka semakin baik. Karena porsi makanan dalam jumlah yang sedikit akan membawa lebih banyak perhatian pada makanan itu sendiri. Selain itu, jangan gunakan properti bahan makanan yang terlalu banyak. Cukup berikan tampilan yang sederhana dan berikan ruang kosong. Hal tersebut akan memberikan fokus pada objek utama.

  1. Pilih Angle Terbaik

Jadilah kreatif dengan memotret dari berbagai angle atau sudut. Gunakanlah setiap angle yang tersedia agar menciptakan foto makanan yang berbeda dari yang lain. Hal yang perlu diingat ialah, setiap makanan memiliki angle foto yang berbeda.

  1. Gunakan Tripod

Tripod merupakan alat yang digunakan untuk menyangga kameramu. Dengan menggunakan tripod, kameramu akan lebih stabil saat melakukan pemotretan. Selain itu, ketika menggunakan tripod, tanganmu bisa dengan bebas mengatur makanan.

  1. Fokus

Selain tips di atas, yang dapat kamu lakukan ialah lakukan dengan serius jika kamu benar-benar ingin menjadi food photograper. Banyak berlatih dan banyak mencoba gaya baru merupakan tips yang dapat membantumu menghasilkan foto yang bagus.

Nah, di atas merupakan tips yang bisa kamu lakukan agar menjadi food photograper yang andal. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *