Shadow

Sederhana, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mental Setiap Hari!

Sumber: Pixabay.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Kesehatan mental merupakan kondisi di mana batin seseorang berada pada keadaan baik dan tenang. Dengan mental yang sehat, dapat membuat seseorang bahagia sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan baik. Namun sayangnya, tidak semua orang peduli dengan kesehatan mentalnya. Meski menyadari ada yang salah dengan dirinya, ia tidak langsung mengatasinya. Padahal, kesehatan mental tak kalah penting dari kesehatan fisik. Apabila terdapat gangguan, hal tersebut dapat mengganggu kehidupannya dan mempengaruhi fungsi tubuh.

Kesehatan mental yang buruk menyebabkan kematian 1 orang setiap 40 detik. Hal ini dikarenakan, gangguan mental juga dapat menyebabkan bunuh diri. Ini memperlihatkan bagaimana kesehatan mental penting bagi kehidupan.

Berikut ini, merupakan cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental yang bisa kamu lakukan setiap hari:

  1. Katakan hal-hal positif ke diri kamu

Berpikir positif dapat membuat seseorang menjadi tenang ketika ditimpa masalah. Dengan berpikir positif, kamu dapat mencegah stres datang. Memiliki pandangan positif terhadap sesuatu dapat bermanfaat bagi kesehatan mental secara keseluruhan.

  1. Lakukan hal yang kamu sukai

Terlalu lama melakukan hal yang membuatmu stres tidak baik bagi kesehatan mental. Maka dari itu, lakukan hal-hal yang kamu sukai atau hobimu. Dengan melakukan hobi, dapat membuatmu mengelola stres dan dapat menyalurkan emosimu pada hal yang positif.

  1. Konsumsi makanan enak dan menyehatkan

Untuk menjaga kesehatan mental maupun fisik, diperlukan makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Makanan enak juga mampu menyehatkan otak. Selain itu, dapat membantu kamu untuk mengatur suasana hati. Setelah konsumsi makanan enak yang merupakan favoritmu, akan meningkatkan kadar kebahagiaan diri sendiri.

  1. Terhubung dengan untuk orang lain

Untuk mencegah munculnya gangguan mental, kamu dapat terhubung dengan orang lain, entah dengan mengobrol, atau membantunya. Mengetahui bahwa kamu memiliki seseorang yang menghargai kamu, dapat membuat kamu berpikir lebih positif.

  1. Tidur tepat waktu

Tidur merupakan kegiatan di mana kamu beristirahat dari melakukan aktivitas lain yang melelahkan. Tidur tepat waktu dan menghindari begadang dapat membuat mentalmu berada pada kondisi baik. Hal ini dikarenakan begadang memiliki efek buruk bagi kesehatan mentalmu. Maka dari itu, apabila tidak ada kegiatan mendesak, tidurlah tepat pada waktunya.

  1. Tuliskan hal-hal yang kamu syukuri

Menurut sebuah studi, bersyukur dapat menjaga kesehatan mental seseorang. Dengan menulis hal-hal yang kamu syukuri membuatmu menyadari memang ada hal-hal yang patut disyukuri. Aktivitas ini dapat memicu pikiran positif dan mengontrol tingkat stres yang dialami.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat mengurangi stres. Olahraga dapat memproduksi hormon endorfin dan enkefalin yang memicu perasaan positif. Stres dan pikiran negatif juga akan berkurang dengan sendirinya karena olahraga mampu mengurangi kadar kortisol yang menjadi penyebab stres.

  1. Luangkan waktu untuk istirahat

Setelah melakukan berbagai macam aktivitas, hal yang kamu perlukan ialah istirahat. Dengan melakukan banyak aktivitas terlalu sering, dapat menimbulkan stres berlebih. Dengan beristirahat, mampu menenangkan diri sehingga terhindar dari stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *