Shadow

SEBENARNYA BERBULU TRANSPARAN, INI LIMA FAKTA TENTANG BERUANG KUTUB

sumber foto: pri.org

Reporter: Adelia Maulitania

Beruang Kutub adalah mamalia besar yang habitatnya berada di sekitar benua paling utara di bumi, yaitu benua Arktika. Beruang yang tubuhnya berwarna putih ini ternyata bukan merupakan kondisi albino seperti hewan-hewan yang berbulu atau berkulit putih yang lain. Sebenarnya bulu beruang ini berwarna transparan.

Simak lima fakta mengenai Beruang Kutub yang menarik untuk diketahui berikut ini!

  1. Dapat Berpuasa Berbulan-bulan

Beruang Kutub mampu tidak makan atau berpuasa selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Beruang Kutub betina diketahui berpuasa selama lebih dari delapan bulan ketika sedang hamil.

Alasan mereka bisa berpuasa adalah adanya simpanan lemak di dalam tubuh mereka. Simpanan lemak tersebut memberi energi bagi beruang untuk dapat terus beraktivitas.

  1. Hewan yang Sangat Kuat

Mamalia laut satu ini merupakan salah satu hewan yang sangat kuat di bumi. Kemampuan beradaptasi yang baik di salah satu daerah terberat di bumilah yang menjadikan mereka termasuk dari salah satu kategori tersebut.

Bulu tebal yang melapisi kulit beruang inilah yang membuat mereka tahan dingin dan tahan dari air yang membeku. Terdapat lapisan lemak yang disebut blubber yang melapisi bulu tebalnya.

  1. Handal Berenang

Beruang Kutub merupakan perenang yang handal. Mereka dapat berenang sejauh 100 km di lepas pantai dengan nyaman. Beruang berenang menggunakan kaki mereka yang berselaput setebal 30 cm.

Meskipun merupakan perenang yang handal, namun Beruang Kutub tidak begitu mahir menangkap mangsanya di air. Sebaliknya, mereka sangat ahli ketika berburu di permukaan es.

  1. Karnivora Berjalan Terbesar

Daging sebagai makanan favorit dari mamalia laut ini rupanya menjadikannya sebagai karnivora berjalan terbesar di bumi. Ada beruang dari spesies lain yang lebih besar dari Beruang Kutub, yaitu Beruang Kodiak Alaska. Hanya saja, beruang tersebut dikategorikan sebagai omnivora.

  1. Berbulu Transparan

Bulu Beruang Kutub bagian luar yang panjang berfungsi sebagai pelindung bagi bulu bagian dalamnya yang lembut. Baik bulu bagian luar dan dalam Beruang Kutub sebenarnya berongga dan tidak berwarna atau transparan.

Ruang di dalam bulu beruang mampu menghamburkan semua warna cahaya. Itulah sebabnya Beruang Kutub ini berwarna putih, karena sekelilingnya adalah salju dan es yang membeku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *