Shadow

Rahasia Maanfaat Gerakan Shalat bagi Tubuh

Sumber: Hipwee.com

Reporter: Krisnia Rahayu

Bagi umat muslim, shalat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan, sebagaimana yang tertuang dalam rukun islam yang ke dua. Shalat adalah penghubung antara Allah Swt. dengan hambanya. Jika seseorang meninggalkan shalat maka runtuhlah iman-imannya. Saat shalat otomatis kita melakukan gerakan-gerakan shalat. Dan ternyata gerakan shalat memiliki manfaat untuk tubuh. Gerakan shalat yang merangsang jaringan sel dan peredaran dapat menjadikan tubuh sehat, dengan demikian tubuh kita akan lebih sehat dan segar karena lancarnya aliran darah. Jika gerakan shalat dilakukan dengan benar, maka dapat mempengaruhi bagian tubuh, seperti berikut ini:

1. Takbiratul Ihram
Dalam shalat gerakan pertamanya adalah takbiratul ihram. Takbiratul ihram adalah gerakan saat kedua tangan diangkat sejajar dengan telinga (laki-laki), atau dada (perempuan), kemudian tangan ditaruh pada bagian depan perut dibawah dada. Gerakan ini bermanfaat melancarkan aliran darah, getah bening orlimfe, dan kekuatan otot pada lengan. Dengan gerakan ini maka, gangguan persendian, terutama pada tubuh atas akan terhindar.

2. Rukuk
Rukuk ialah dimana posisi punggung yang menunduk lurus. Gerakan ini memiliki manfaat menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan saraf pusat. Dengan gerakan ini maka akan terhindar dari gangguan prostat.

3. Iā€™tidal
Gerakan ini yaitu bangun dari rukuk, tubuh akan kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan yang sejajar dengan telinga (laki-laki) atau dada (perempuan). Pemijatan dan pelonggaran pencernakan akibat gerakan ini karena gerakan ini melibatkan perut dan organ pencernaan.

4. Duduk
Ada 2 macam duduk dalam shalat yaitu tahyyiat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaannya adalah posisi lekanya telapak kaki. Pada tahiyyat awal memiliki manfaat tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus lschiadus.
Sedangkan duduk tahiyyat akhir bermanfaat bagi pria karena kandung kemih ditekan tumit, kelenjar kelamin pria, dan saluran vas deferens. Bila gerakan tahiyyat akhir ini dilakukan dengan benar maka akan mencegah penyakit impotensi.

5. Salam
Salam merupakan gerakan terakhir dalam shalat. Gerakan ini yaitu dengan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Gerakan ini bermanfaat untuk merelaksasi otot sekitar leher dan kepala, dan aliran darah akan sempurna. Dengan gerakan ini akan terhindar dari sakit kepala dan kulit wajah akan kencang.

Itulah manfaat gerakan shalat bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *