Shadow

Punya Tim Solid Untuk Kemajuan Bisnis? Begini Caranya!

sumber: PNGkit

Reporter: M Habibur Rohman

Memiliki tim yang tangguh dan solid dalam sebuah bisnis merupakan hal yang penting. Dengan tim yang tangguh dan solid membuat target dan pencapaian perusahaan akan lebih mudah dicapai. Masalahnya adalah, bagaimana memiliki tim yang tangguh dan solid? Banyak problem yang dihadapi pebisnis, salah satunya adalah persoalan tata kelola sumber daya manusia (SDM) yang ada di dalam perusahaan. Banyak problem yang muncul karena SDM dan sistem yang kurang tepat. Karenanya, memiliki SDM yang unggul dan berkualitas sangatlah penting agar tercipta tim yang solid untuk kemajuan bisnis.

Membangun tim yang solid dan tangguh dapat dilakukan dengan beberapa metode. Berikut ini kami sajikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu aplikasikan di perusahaanmu agar tercipta tim yang solid.

Langkah pertama, diawali dari proses sebelum penerimaan. Pada tahap ini, tentukanlah posisi apa saja yang kamu butuhkan. Sehingga kamu bisa tahu orang seperti apa yang akan kamu rekrut untuk bergabung di perusahaan yang kamu kelola. Hal ini akan membuat kamu menemukan tim yang tepat, sesuai dengan prinsip the right man on the right place. Selain itu, hal ini juga dapat meminimalisir adanya problem-problem yang menyangkut SDM di kemudian hari.

Kedua, proses rekruitmen. Banyak pebisnis yang mengalami kegagalan karena salah dalam melakukan penerimaan karyawan baru. Karenanya, proses penerimaan harus dilakukan dengan jeli dan cermat.  Tentukanlah standar-standar atau kriteria tertentu untuk menyaring calon anggota baru. Pilihlah kandidat yang memiliki skill di posisi yang kamu butuhkan. Selain kualitas, ada beberapa hal yang juga mesti dipertimbangkan, salah satunya adalah budaya di dalam perusahaan. Karenanya, selain memliki skill yang mumpuni pada posisi yang dibutuhkan, pastikan calon anggota baru yang melamar di perusahaanmu cocok dengan budaya dan kebiasaan yang ada di perusahaan.

Memantau kualitas dan skill pelamar mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karenanya, kamu bisa melakukan berbagai mekanisme penerimaan, misalnya seperti mewajibkan calon anggota baru mengikuti masa training.  Dengan demikian, kamu akan lebih leluasa dan memiliki banyak waktu untuk memantau skil dan kualitas calon anggota baru di perusahaanmu.

Ketiga, Tentukanlah tujuan bersama. Setiap orang tentunya memiliki standar dan ukuran masing masing dalam pekerjaan.  Karenanya, tentu sangat sulit mencapai tujuan perusahaan tanpa adanya ukuran khusus yang disepakati bersama. Oleh akrena itu, tentukanlah tujuan bersama yang akan dicapai oleh perusahaanmu. Buatlah target-target pencapaian yang akan dievaluasi secara berkala untuk memantau kinerja anggota tim.

Keempat, pertegas kembali tugas dan tanggung jawab masing-masing tim.  Berikan kembali arahan dan standar untuk jobdesk yang harus dipenuhi oleh setiap anggota tim. Dengan demikian, pekerjaan dan tanggung jawab akan lebih mudah diselesaikan karena efektif dan efisien, sehingga tujuan bersama akan lebih mudah dicapai.

Kelima, ciptakan kepercayaan dan kebersamaan.  Membangun tim yang solid sangat mustahil dilakukan tanpa adanya kepercayaan dan kebersamaan. Karenanya, memberikan kepercayaan pada orang yang tepat sangat penting agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan perusahaan. Di samping itu, kamu juga bisa membangun kebersamaan dengan tim melalui berbagai cara, misalnya, tidak ada salahnya jika sekali kali makan bersama atau rapat kecil di luar sembari makan siang. Hal hal kecil dan sederhana bisa membangun kebersamaan sehingga tercipta tim yang tangguh dan solid.

Nah, itulah beberapa tips sederhana untuk menciptakan tim yang tangguh dan solid untuk kemajuan bisnis. Beberapa tips ini bisa kamu coba dan terapkan agar memiliki tim yang solid. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *