Shadow

Murah Meriah, Ini 6 Manfaat Air Rebusan Daun Salam Bagi Kesehatan

sumber ilustrasi: sajiansedap.grid.id

Reporter: Anne Anisa

Daun salam merupakan salah satu jenis bumbu dapur. Kerap ditambahkan dalam masakan nusantara, daun salam menambah aroma menjadi lebih sedap.

Pohon salam banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia pohon salam tumbuh di kebun, pekarangan warga, serta lahan wanatani lainnya untuk diambil daunnya.

Daun salam bisa dimanfaatkan dalam kondisi kering atau segar. Kandungan yang terdapat dalam daun salam kering atau segar masih relatif sama.

Namun, tahukah kamu bahwa air rebusan daun salam memiliki beragam manfaat untuk kesehatan?

Simak 15 manfaat air rebusan daun salam berikut ini, ya.

  1. Menyehatkan jantung

Kandungan phytonutrient dalam daun salam dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Selain itu, kandungan rutin dan asam caffeic di dalamnya juga mampu menguatkan dinding jantung dan mengurangi kadar kolesterol.

  1. Mengobati diabetes

Air rebusan daun salam yang diminum dapat membantu mengobati penyakit diabetes tipe 2. Kandungan dalam daun salam dapat menurunkan kadar gula darah. Antioksidan dalam daun salam juga berfungsi membentuk insulin dalam tubuh dengan baik.

  1. Mengendalikan tekanan darah

Menurut sebuah penelitian, daun salam memiliki kandungan minyak atsiri, sitrat, eugannol, tannin, serta flavanoid. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Dengan meminum air rebusan daun salam sekresi cairan empedu akan terangsang, sehingga lemak akan keluar bersamaan dengan usus. Dengan begitu, gumpalan lemak yang mengendap dalam pembuluh darah akan berkurang dan aliran darah menjadi lancar. Tekanan darah pun akan normal.

  1. Mengatasi batuk

Coba lah meminum air rebusan daun salam jika Anda sedang mengalami batuk dan flu. Menghirup uapnya juga dapat membantu mengatasi batuk dan masalah pernapasan. Cara lain yaitu dengan merendam kain bersih ke ramuan yang telah didinginkan, kemudian usapkan kain tersebut pada dada Anda. Hal itu untuk meredakan batuk yang Anda alami.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Daun salam aan berperan pada sistem gastrointestinal. Daun salam yang dikonsumsi akan merangsang buang air kecil sebagai diuretik dan menurunkan toksisitas dalam tubuh. Enzim yang ada dalam daun salam juga membantu melancarkan pencernaan dan asupan nutrisi yang efisien.

  1. Membantu mencegah kanker

Daun salam mengandung antioksidan dan senyawa organik seperti fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide. Kandungan tersebut membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat bermutasi menjadi sel kanker. Dengan meminum air rebusan daun salam, Anda dapat mencegah munculnya kanker.

Itulah 6 manfaat air rebusan daun salam bagi kesehatan. Walaupun murah, tapi ternyata banyak manfaatnya, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *