Shadow

Merdeka Kita Sama

Aldi Supriyadi

Penulis Adalah Ketua Umum Himpinan Petani dan Peternak Milenial Indinesia (HPPMI), CEO Putra Samudra Group

Agustus tahun ini tentu masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni di Bulan ini kita akan mengingat kembali proklamasi kemerdekaan negara kita, Indonesia. Bedanya, tahun ini kita harus menahan diri dari euforia yang menimbulkan kerumunan massa. Kita harus mengekspresikan kegembiraan dalam bentuk yang lain, tanpa pesta, menggelar aneka macam lomba di lapangan, tanpa berjoget dan menikmati musik secara langsung dari panggung hiburan.

Bagi sebagian kalangan, menahan diri seperti ini tentu saja tidak asyik. Kebahagiaan karena sudah 75 tahun kita merdeka mestinya kita luapkan dengan berbagai kegiatan di keramaian orang, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tetapi, pandemi menyeret kita untuk merenggang, menjauh, bahkan ada sebagian dari kita mesti menyendiri. Ada yang masih harus berjuang untuk sembuh di bansal rumah sakit, atau mengisolasi di dalam kamar, mengasingkan diri. Tentu saja kita yang masih sehat masih cukup beruntung, karena kita cukup menjaga jarak. mematuhi protokol kesehatan dan masih bebas berkeliaran.

Merdeka tahun ini juga tidak biasanya. Sebagian kita separuh putus asa berkata “Hari ini kita tidak tahu apa yang kita tahu”. Pandemi yang belum ditemukan vaksinnya membuat segala sesuatu berjalan tidak normal. Kita seperti melawan musuh yang tidak ada tetapi ternyata ada.

Tetapi merdeka tahun ini kita masih tetap sama. Sama-sama merasa satu Nusa, satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air, Indonesia.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *