Shadow

Menilik Seluk Beluk Model Bisnis Makloon

Sumber: Saungrafika

Reporter: M Habibur Rohman

Bagi sebagian orang yang ingin memulai usaha, menentukan produk yang ingin dijual adalah hal paling dasar.  Masalahnya, banyak kendala yang dihadapi oleh pebisnis pemula dalam hal memilih produk yang akan dijual. Beberapa kendala yang dialami tidak hanya soal apa yang akan dijual, melainkan bagaimana manajemen produksi barang, distribusi, penentuan harga, kemasan dan sebagainya.

Diantara kendala tersebut, masih ada lagi satu masalah yang sulit untuk dihindari, yakni perang harga di pasaran. Kendala yang satu ini membuat pebisnis pemula mau tidak mau ikutan banting harga dan berujung pada pertumbuhan bisnis yang lambat.

Banyaknya kendala ini seringkali membuat nyali pebisnis pemula menjadi ciut dan putus asa. Padahal, masih banyak cara untuk melejitkan bisnis tanpa harus pusing dengan berbagai kendala tersebut. Salah satu jalan keluar dari berbagai problem di atas adalah model bisnis makloon.

Apa Itu Makloon?

Jika ditinjau dari segi bahasa, makloon merupakan suatu istilah dalam bahasa belanda yang diartikan sebagai proses pengerjaan produksi melalui pihak lain. secara sederhana, makloon dapat juga didefinisikan sebagai kegiatan “numpang produksi” kepada pabrik atau vendor yang berkompeten untuk memproduksi produk yang kamu inginkan.

Jasa makloon ini memungkinkan kamu memiliki sebuah produk dengan nama brand kamu sendiri tanpa harus memikirkan bagaimana produksi, pengemasan, kompisisi dan sebagainya. Kamu tinggal terima beres dan produk yang kamu inginkan siap untuk dipasarkan. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu akan menjadi agen tunggal dari produkmu sendiri, sehingga kamu bebas menentukan harga dan terbebas dari banting-bantingan harga.

Saat ini, banyak perusahaan yang menyediakan jasa makloon.  Produk yang bisa diproduksi pun bermacam-macam, mulau dari obat-obatan herbal, kosmetik, tas, pakaian, produk peralatan rumah tangga dan sebagainya. Melalui jasa makloon, kamu bisa dengan mudah dan leluasa untuk kustomisasi produk yang kamu inginkan.

Misalnya, kamu ingin membuat produk tas dengan brand kamu sendiri, maka kamu bisa dengan mudah dan leluasa untuk kustomisasi produkmu melalui jasa makloon. Kamu bisa memberikan spesifikasi khusus untuk produkmu seperti model, ukuran, warna, logo, bahan baku hingga kemasan.

Keuntungan Jasa Makloon

Pertama, kamu bisa menciptakan sebuah produk dengan brand kamu sendiri. Artinya, kamu bisa dengan mudah dan leluasa menentukan spesifikasi dari produk yang ingin kamu makloon. Dengan begitu, kamu bsia memiliki sebuah produk yang unik dan berbeda dari produk-produk lain yang beredar di pasaran. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk melakukan mark up harga agar memperoleh keuntungan yang maksimal.

Kedua, Bbiaya produksi yang murah. Bayangkan, jika kamu harus memproduksi barang yang kamu inginkan secara mandiri, maka kamu harus terlebih dahulu memikirkan biaya pembelian alat, bahan baku, sewa gedung, karyawan dan lain sebagainya. Dengan adanya jasa makloon, kamu bisa menepikan proses tersebut dan leboih fokus pada pemasaran.

Kekurangan Produk Makloon

Meskipun dalam beberapa hal menyewa jasa makloon memberikan banyak keuntungan, tetapi tidak dipungkiri masih ada kekurangan dari model bisnis ini. Salah satu kekurangan dari model bisnis makloon ialah modal yang cukup. Pasalnya, dalam sekali produksi, tentu penyedia jasa makloon tidak bsia memproduksi barang yang kamu inginkan dengan kuantitas yang sedikit. Artinya, kamu harus menyiapkan dana lebih untuk biaya produksi sesuai kesepakatan dan standar minimum dari penyedia jasa makloon yang kamu pilih. Meski begitu, jangan khawatir, masih ada banyak jasa makloon yang memperbolehkan kliennya untuk produksi dalam jumlah yang sedikit, tentunya tergantung bagaimana kepiawaian kamu dalam bernegosiasi dengan produsen ya!

Nah, itulah ulasan singkat mengenai seluk beluk usaha makloon yang sedang tren saat ini. Jadi, sudah siap untuk ciptakan produk dengan brand kamu sendiri?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *