Shadow

LUMBA-LUMBA LUCU YANG TERMASUK MAMALIA PREDATOR, INI LIMA FAKTA TENTANG ORCA

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Seguni atau Orca merupakan salah satu mamalia laut yang mudah dikenali karena warna hitam dan putihnya yang khas. Selain itu, siapa sangka lumba-lumba ini ternyata termasuk mamalia predator? Bahkan, termasuk predator teratas di laut.

Nah, simak lima fakta tentang Seguni atau Orca yang menarik untuk diketahui berikut.

  1. Termasuk Keluarga Lumba-lumba

Seguni atau Orca merupakan spesies terbesar dalam keluarga lumba-lumba. Banyak orang yang akhirnya menyebutnya paus karena ukurannya yang sangat besar.

Beratnya mencapai 6 ton (6.000 kg) dan dapat tumbuh sepanjang 7 – 9 meter. Berbeda dengan lumba-lumba yang umumnya hanya sepanjang 2 – 4 meter dan beratnya sekitar 150 – 650 kg.

  1. Tidak Memburu Manusia

Mamalia ini meskipun disebut predator, namun ia tidak memangsa manusia. Sampai saat ini belum tercatat adanya Seguni yang memangsa manusia di lautan lepas.

Orca hanya memangsa mamalia lain, seperti paus, singa laut, dan anjing laut. Selain itu, ia juga suka memburu ikan, gurita, cumi-cumi, dan burung laut yang berada di permukaan laut.

  1. Mamalia yang Setia

Mamalia bertubuh besar dan bergigi panjang ini hidup secara berkelompok. Kelompoknya bernama Pod dan satu Pod dapat terdiri hingga 100 ekor Seguni atau Orca. Mereka sering berkelompok dengan anak-anaknya yang masih belajar berburu.

Selain itu, Orca hidup sangat bergantung pada lingkungan keluarganya. Ia akan setia berada dalam kelompoknya sejak ia lahir sampai mati.

  1. Kemampuan Echolocation

Seguni memiliki kemampuan echolocation. Echolocation merupakan metode yang digunakan hewan untuk mengenali lingkungan sekitar, menggunakan bantuan suara.

Kemampuan ini memungkinkannya untuk mengetahui letak makanan di laut. Oleh sebab itu, ia sangat jago dalam memburu mangsanya.

  1. Pemangsa Teratas di Laut

Mayoritas Orca memangsa ikan, kemudian lainnya memangsa mamalia laut yang lain. Tercatat pada tahun 1997, seorang pengamat paus di Pulau Farallon melihat Orca memangsa hiu putih. Hal tersebut menjadikan Orca sebagai predator teratas di laut menggantikan hiu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *