Shadow

Lakukan 6 Tips Ini Jika Depresi Melanda!

Sumber: Pixabay.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Depresi merupakan gangguan jiwa yang paling umum terjadi. Depresi bagian dari gangguan suasana hati yang ditandai dengan munculnya perasaan sedih yang mendalam dan berlangsung cukup lama. Perasaan sedih merupakan hal yang wajar dan pasti dialami setiap orang. Namun, depresi merupakan gangguan dengan sedih yang lebih mendalam dan diperlukan diagnosis dari profesional, seperti psikolog maupun psikiater.

Gejala depresi dapat berupa mengalami kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan, tidak stabil secara emosional, dan merasa frustasi. Depresi merupakan gangguan kejiwaan, namun, dapat berpengaruh juga pada fisik seseorang, seperti selalu merasa lelah, mengalami pusing dan nyeri tanpa sebab, dan menurunnya selera makan.

Bila kamu mengalami gejala seperti di atas, disarankan untuk pergi berkonsultasi dengan psikolog maupun psikiater. Namun, kamu juga dapat lakukan tips-tips di bawah:

  1. Mencari Teman Curhat

Jika perasaan sedihmu terus mengganggu, yang bisa kamu lakukan yaitu mencari seseorang untuk meluapkan perasaanmu. Berdiam diri di dalam kamar tanpa teman dapat memperburuk kondisimu. Lebih baik kamu keluar dan menceritakan apa yang kamu rasakan sehingga perasaanmu akan menjadi lebih lega.

  1. Menulis

Apabila kamu bukan tipe orang yang mudah untuk bercerita dengan orang lain, alternatif yang bisa kamu lakukan ialah menulis. Kamu bisa menulis apa saja yang kamu alami pada hari itu dan bagaimana perasaanmu. Selanjutnya kamu bisa mempelajari apa saja yang menjadi penyebab depresimu, dan bagaimana kamu mengatasinya.

  1. Mencoba Berpikir Positif

Salah satu gejala depresi ialah kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan. Apabila depresimu datang, yang bisa kamu lakukan ialah dengan mencoba berpikir menggunakan logika.  Kamu perlu menyadari bahwa tidak semua kecemasan dan kekhawatiranmu akan benar-benar terjadi.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk bersyukur. Ketika depresi, bersyukur memang merupakan hal yang sulit. Namun, cobalah untuk berpikir apa saja yang bisa kamu syukuri di hari itu dan menuliskannya. Ketahuilah lebih banyak hal-hal positif di sekitarmu yang akan membantumu melawan depresi tersebut.

  1. Olahraga

Untuk mengatasi depresi, kamu harus mencoba untuk lebih aktif bergerak. Salah satu caranya ialah dengan berolahraga. Olahraga akan menciptakan zat endorfin yang akan membuat perasaanmu menjadi lebih baik. Kamu tidak diharuskan melakukan olahraga berat. Namun, lakukanlah jalan-jalan ringan, jogging, bersepeda, dan berenang.

Selain itu kamu juga bisa lakukan meditasi. Meditasi merupakan teknik pemusatan pikiran dan konsentrasi untuk mewujudkan keseimbangan energi positif dan negatif dalam diri manusia. Dengan melakukan meditasi, kamu akan berfokus pada bernapasan sehingga segala pikiran negatifmu akan berkurang.

  1. Konsumsi Makanan Favoritmu

Setiap orang memiliki makanan favoritnya masing-masing. Dengan mengonsumsi makanan favoritmu, hal tersebut dapat meningkatkan suasana hati dan membuat kita lebih tenang. Jangan ragu untuk membeli makanan-makanan favoritmu.

Namun, ada beberapa makanan yang dapat membantumu melawan depresi. Selain enak, makanan berikut juga merupakan makanan sehat, yaitu telur, ikan, sayuran berdaun hijau gelap, jamur, alpukat, tahu, tempe, tomat, cokelat hitam, dan pisang.

  1. Istirahat yang Cukup

Selain melakukan hal-hal di atas, hal yang terpenting ialah kamu harus beristirahat dengan cukup. Hal ini dikarenakan kurang tidur dapat memperburuk depresimu. Kamu dapat mencoba untuk tidur dan terbangun di waktu yang sama setiap harinya. Selain itu, kurangi kafein dan penggunaan alat elektronik yang berlebihan menjelang waktu tidur agar kualitas tidurmu terjaga.

Nah, di atas merupakan tips yang bisa kamu lakukan apabila kamu merasa depresi. Namun, meski ada cara-cara di atas yang dapat membantumu mengatasinya, kamu tetap disarankan pergi menemui profesional agar depresimu teratasi dengan baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *