Shadow

Kenapa Olahragawan Selalu Konsumsi Pisang? Ternyata ini Rahasianya

Sumber : unitedtalks

Reporter : Adityaputra Dewantara

Buah pisang, merupakan buah yang sangat mudah ditemukan, bahkan pohon pisang dapat ditemukan di seluruh penjuru Indonesia. Ternyata ada hal unik yang membuat pisang semakin mendunia.

Tak jarang kita temui seluruh olahragawan selalu mengonsumsi pisang sebelum bertanding, ternyata ini rahasianya. Dalam dunia kesehatan, pisang memang memiliki kandungan gizi yang dapat membantu olahragawan tetap berada dalam kondisi prima. Berikut manfaat pisang bagi olahragawan :

1. Baik untuk Otot
Kalium yang terkandung dalam buah pisang sangat baik bagi otot. Hal ini tentu penting bagi olahragawan yang mengandalkan bagian tubuh ini untuk menunjang aktivitasnya. Tubuh yang mendapat asupan cukup kalium juga dapat terhindar dari kram.

Saat berolahraga, tubuh akan kehilangan kalium melalui keringat yang keluar. Menurut penelitian yang dilakukan Linus Pauling Institure, memakan pisang akan memberi asupan kalium sebanyak 10 persen dari yang dibutuhkan tubuh.

2. Menjaga Stamina

Buah pisang memiliki kandungan gizi lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Serat, nutrisi, antioksidan, serta glukosa terkandung dalam tiap buah pisang.

Kandungan glukosa dalam pisang juga membuatnya dapat lebih cepat dicerna tubuh, selain juga rasanya menjadi lebih manis. Dalam prosesnya, glukosa diubah menjadi glikogen yang dapat digunakan sebagai bahan bakar otot saat berolahraga. Karenanya memakan pisang sebelum olahraga dapat membuat tubuh tetap bertenaga dan terasa tetap segar.

3. Menjaga Fungsi dan Kekebalan Tubuh

Pisang mengandung protein yang berguna untuk menjaga fungsi dan kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan sistem saraf. Selain itu, kandungan asam amino pada pisang juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *