Shadow

Kamu Insecure? Ini 7 Tips yang Dapat Dilakukan!

Sumber: Freepik.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Insecure merupakan perasaan tidak aman dan nyaman terhadap diri sendiri maupun sebuah situasi. Dengan begitu, insecure normal dialami oleh setiap orang ketika mengalami situasi tertentu. Terkadang seseorang dapat menghilangkan perasaan insecure dengan cepat. Namun ada pula orang yang berlarut-larut dalam insecurity sehingga mengganggu aktivitas.

Ada beberapa penyebab insecurity yang mungkin pernah kamu alami, yaitu:

  1. Terlalu sering membuka media sosial. Ketika membuka media sosial, kamu melihat kehidupan orang lain yang terlihat lebih baik dari dirimu. Hingga akhirnya kamu membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan mereka. Kamu akan merasa tidak cukup dengan apa yang kamu miliki. Hal ini akan membuatmu semakin insecure.
  2. Terlalu sering melihat ke masa lalu. Kamu merasa menyesal dengan apa yang terjadi di masa lalu dan kemudian tidak menjalani kehidupan sekarang dengan baik. Kamu juga berpikir apa yang terjadi di masa lalu akan menjadikan masa depanmu buruk.
  3. Overthinking. Kamu terlalu banyak berpikir sehingga kamu hanya akan fokus pada pikiranmu. Kemudian akan terlalu banyak berpikir negatif, padahal belum tentu hal tersebut benar-benar terjadi.
  4. Kamu dikelilingi oleh orang-orang toxic. Orang yang toxic bagi kehidupanmu, biasanya akan memberikan komentar negatif sehingga membuatmu berpikir bahwa hal tersebut benar terjadi. Padahal, hanya dirimu yang benar-benar mengerti mengenai dirimu.

Nah, setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab insecurity, selanjutnya ini tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya:

  1. Bersyukur. Manusia diciptakan oleh Tuhan sesempurna mungkin dan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dengan bersyukur, kita akan mencintai diri sendiri dan mengurangi perasaan insecure.
  2. Kurangi membuka media sosial. Ketika kamu merasa media sosial terlalu membuatmu insecure berhentilah membuka media sosial dan beristirahat. Kemudian fokuslah pada diri sendiri agar tidak menambah pikiran negatifmu. Jangan lupa untuk berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain.
  3. Cari kelebihan dirimu. Insecure yang disebabkan oleh membandingkan diri sendiri dengan orang lain dapat diatasi dengan mencari kelebihan diri sendiri. Dengan menemukan apa yang menjadi kelebihanmu, kamu dapat mengurangi perasaan tidak nyaman tersebut.
  4. Fokus menjadi diri sendiri. Ketika perasaan insecure muncul, mungkin kamu berpikir untuk menjadi orang lain. Abaikan pikiran tersebut, kemudian lakukan apa yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu lebih baik. Jangan paksakan dirimu untuk mengikuti standar orang lain.
  5. Tinggalkan teman toxic. Dengan menghindari teman yang sering memberi komentar negatif pada dirimu, membuatmu lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Lingkari dirimu dengan orang-orang yang mendukungmu apapun yang terjadi dan menerimamu apa adanya.
  6. Tingkatkan kepercayaan diri. Lakukan langkah-langkah yang dapat meningkatkan kepercayaan dirimu. Kamu harus percaya pada diri sendiri bahwa kamu dapat melakukan segala hal dan dapat mengatasi segala macam ketakutanmu.
  7. Konsultasi dengan orang terpercaya. Curahkan segala macam perasaan yang menganggumu agar dirimu lebih lega. Apabila diperlukan, pergi ke psikolog untuk menerima saran yang akan membuatmu menjadi lebih baik lagi.

Insecure memang perasaan yang cukup umum terjadi. Namun jika hanya berfokus pada insecure­-mu, kamu tidak dapat berkembang untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Maka dari itu, kamu dapat lakukan 7 tips di atas. Selamat mencoba!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *