Shadow

Jarang Disadari, Ini 8 Tanda Kamu Perlu Menemui Psikolog!

Sumber: Freepik.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Dalam kehidupan sehari-hari, ada kalanya kita merasa dalam keadaan tidak baik. Namun, kita mengabaikan segala perasaan negatif yang muncul dengan berpikir bahwa segalanya akan segera berlalu. Padahal, ada beberapa hal di mana perasaan negatif tidak bisa hilang dengan sendirinya. Perasaan tersebut membutuhkan profesional untuk segera diselesaikan.

Sayangnya, meski menyadari ada yang salah dengan diri sendiri, tidak semua orang berpikir untuk menemui psikolog. Mereka berpikir datang ke psikolog hanyalah untuk orang dengan masalah mental serius. Padahal apabila kamu mengalami tanda-tanda di bawah ini, kamu diperlukan segera menemui psikolog lho.

  1. Sedih Terus-menerus

Perasaan sedih merupakan perasaan yang mungkin dialami oleh setiap orang. Namun apabila kamu merasa sedih secara terus-menerus dan perasaanmu sangat tidak nyaman, kamu perlu mengonsultasikan hal tersebut kepada psikolog lho. Apalagi jika perasaan sedihmu itu terjadi tanpa sebab yang jelas, jangan ragu untuk segera pergi ke psikolog ya.

  1. Merasakan Sakit Fisik Tanpa Sebab

Kondisi mental memang berpengaruh pula pada kondisi fisikmu. Apabila kamu mengalami sakit fisik yang tanpa sebab, seperti jantung yang berdegup kencang, sakit kepala, tremor, hingga nyeri di dada, kamu perlu pikirkan pula keadaan mentalmu saat itu. Jika memang kondisi mentalmu sedang tidak baik, maka yang perlu kamu lakukan selanjutnya ialah menemui psikolog.

  1. Tidak Tertarik pada Hobi

Manusia pasti memiliki hal-hal yang ia sukai, seperti membaca, mendengarkan musik, menonton, hingga olahraga, namun ternyata pada jangka waktu tertentu kamu tidak menyukai hal-hal yang sebelumnya kamu sukai, maka mungkin mentalmu sedang dalam keadaan yang tidak baik.

  1. Tidak Ingin Beranjak dari Tempat Tidur

Kehilangan energi merupakan salah satu ciri kamu mengalami masalah kesehatan mental. Kamu akan selalu ingin berada di tempat tidur dan tidak melakukan apapun, maka akan membuatmu menjadi tidak produktif. Hal tersebut perlu diwaspadai karena setiap orang memiliki kewajiban dan kegiatan yang harus selalu dilakukan.

  1. Kehilangan Selera Makan

Setiap orang memiliki makanan favoritnya masing-masing. Selain itu, kita memang diharuskan makan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila kamu kehilangan selera makan bahkan hingga ke makanan favoritmu, mungkin ada sesuatu yang salah denganmu. Kehilangan selera makan merupakan salah satu ciri munculnya masalah kesehatan mental. Sebelum kesehatanmu terganggu, lebih baik kamu segera menemui psikolog.

  1. Sulit Tidur atau Terlalu Banyak Tidur

Salah satu ciri adanya masalah kesehatan mental adalah terganggunya jam tidurmu. Sulit untuk tidur dapat disebabkan oleh munculnya perasaan tidak nyaman seperti cemas yang membuatmu terus terjaga. Sementara itu terlalu banyak tidur memungkinkan kamu mengalami depresi. Namun, masalah kesehatan mental tidak hanya kedua itu saja. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, ada baiknya kamu untuk pergi ke psikolog.

  1. Tidak Bisa Mengendalikan Emosi

Apabila terdapat masalah kesehatan mental pada dirimu, kamu mulai mengalami kesulitan untuk mengendalikan emosi. Suasana hatimu berubah naik dan turun tanpa bisa kamu kendalikan. Hal ini dapat membuat orang sekitarmu kesulitan untuk memahami dirimu. Selain itu, kamu akan merasakan perasaan lelah karena sering merasakan emosi yang berganti-ganti.

  1. Ketakutan dan Kecemasan Sering Terjadi Secara Tiba-tiba

Ketakutan dan kecemasan merupakan sesuatu yang wajar yang dialami setiap orang. Namun, apabila perasaan itu muncul secara tiba-tiba tanpa adanya penyebab, serta berlangsung dalam jangka waktu panjang, hal tersebut tentu akan menganggumu. Sebelum menjadi lebih parah, kamu bisa menemui psikolog untuk mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Nah, di atas merupakan tanda-tanda di mana kamu mungkin mengalami masalah kesehatan mental. Segera sadari dan pergi ke psikolog untuk mendapatkan penanganan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *