Shadow

Jangan Sampai Tertipu, Ini Cara Bedakan Madu Asli dan Palsu

Sumber: Kompas

Reporter: M Habibur Rohman

Madu merupakan salah satu bahan alami yang sudah dikenal sejak lama memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Karenanya, madu sangat digemari oleh masyarakat, baik untuk dikonsumsi secara langsung atau sebagai bahan campuran jamu.

Sayangnya, masih banyak pedagang nakal yang menjual madu palsu.  Alih-alih memberikan dampak yang baik bagi tubuh, madu palsu dikhawatirkan memberikan dampak yang tidak diinginkan bagi kesehatan. Karenannya, sangat penting untuk mengetahui perbedaan dan ciri-ciri madu asli agar tidak tertipu saat membeli madu.

Beragam jenis madu membuat banyak orang menjadi bingung dalam membedakan madu asli dan palsu. Memang, madu yang beredar di pasaran berbeda-beda, tergantung jenis lebah dan bunga yang menghasilkan nektar untuk lebah. Sementara itu, madu palsu sendiri merupakan cairan yang dilihat dari fisiknya menyerupai madu, namun dibuat dari bahan yang bukan murni madu (oplosan). Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk membedakan madu asli dan palsu.

Untuk mengenali madu yang asli, dapat dilihat dari berbagai karakteristik dasar dari madu itu sendiri. Pertama, madu yang asli bersifat kental. Hal ini bisa dilihat dengan jelas ketika menggoyangkan wadah madu, maka madu akan bergerak dengan perlahan. Jika laju gerakan cairan madu cukup cepat, bisa dipastikan madu tersebut merupakan madu campuran.

Kedua, madu yang asli tidak mudah larut dalam air. Untuk mengetahuinya, cobalah siapkan segelas air putih lalu tuangkan sedikit madu ke dalamnya, jika madu tersebut langsung jatuh ke dasar gelas dan tidak mudah larut begitu diaduk, maka tandanya madu tersebut adalah madu asli. Begitu juga sebaliklnya, jika cairan madu yang masuk di dalam gelas dengan cepat menyatu dengan air, maka dapat dipastikan madu tersebut bukanlah madu murni.

Ketiga, tes dengan koran. Madu yang asli tidak mudah menyerap ke dalam pori-pori kertas koran. Untuk mengetahuinya, cobalah teteskan sedikit madu ke atas koran. Jika madu dengan cepat meresap dan menembus kertas koran, maka bisa dipastikan madu tersebut bukanlah madu murni.

Keempat, rebus madu di dalam sendok. Caranya, tuangkan sedikit madu ke dalam sendok, lalu panaskan sendok tersebut dengan api. Normalnya, madu murni yang dipanaskan di atas sendok dapat menghasilkan bus ayang cukup banyak. Namun, ketika memanaskan madu dengan sendok tetapi hanya menghasilkan sedikit busa,bisa jadi madu tersebut bukanlah madu murni.

Kelima, jika dimasukkan kedalam freezer,  madu murni tidak mudah membeku.  Cobalah masukkan botol madu ke dalam mesin pendingin dan lihat hasilnya. Jika madu yang disimpan di mesin pendingin mengalami pembekuan, maka bisa dicurigai bahwa madu tersebut bukanlah madu murni.

Keenam, aroma yang khas. Madu murni memiliki aroma yang khas, sesuai dengan jenis bunga yang dihisap lebah.  Jika aroma yang muncul pada madu terasa aneh, cobalah pastikan lagi untuk memberikan beberapa tes seperti pad apoin sebelumnya untuk memastikan apakah madu tersebut asli atau madu campuran.

Keenam tes sederhana ini bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah madu yang Anda peroleh merupakan madu asli atau madu campuran. Hal ini penting dilakukan sebagai langkah kehati-hatian dalam memilih madu.  Jangan sampai madu yang dibeli justru memberikan dampak buruk ketimbang dampak baik yang diharapkan.

Selain beberapa tes di atas, anda juga bisa menelusuri dari mana madu yang anda beli berasal. Tentunya, akan sangat aman jika anda langsung membelinya ke peternak lebah karena dapat dipastikan madu yang dijual merupakan madu asli.  Jadi, jangan sampai tertipu lagi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *