Shadow

JADI MAKHLUK PALING MEMATIKAN DI BUMI, INI LIMA FAKTA TENTANG UBUR-UBUR

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Ubur-ubur merupakan biota laut  yang tak bertulang belakang. Hewan yang telah kita ketahui kecantikannya, namun siapa sangka ternyata hewan ini adalah salah satu makhluk paling mematikan di bumi? Simak lima fakta tentang ubur-ubur yang menarik untuk diketahui!

  1. Tidak Termasuk Spesies Ikan

Diamati dari bentuknya, sebenarnya sudah jelas terlihat bahwa ubur-ubur bukan satu spesies dengan ikan. Ubur-ubur merupakan jenis gelatinous zooplankton. Jika dilihat dari ukurannya, ubur-ubur tergolong dalam kategori mesoplankton (0,2 – 20 mm) hingga megaplankton (>20 cm).

  1. Komponen Tubuhnya 95% Air

Komponen tubuh ubur-ubur 95% terdiri dari air. Hal tersebut membuat biota laut ini cenderung mudah berbaur dengan lingkungannya dan mengikuti gelombang lautan. Selain itu, ubur-ubur akan menghilang ketika kita menaruhnya di daratan. Hal tersebut disebabkan tubuh mereka menguap ke udara.

  1. Hewan Purba

Fosil ubur-ubur susah didapatkan, karena ia tidak bertulang belakang. Meskipun demikian, para ilmuan yakin bahwa makhluk ini merupakan hewan purba yang terombang-aming di samudra dunia selama setidaknya 500 juta tahun.

Lebih dari itu, kemungkinan garis keturunan ubur-ubur telah lebih dari 700 tahun sebelumnya, yang merupakan tiga kali usia dinosaurus yang pertama. Hal ini berarti ubur-ubur telah ada ratusan juta tahun sebelum dinosaurus.

  1. Buang Air Besar yang Unik

Fakta lain dari ubur-ubur yang lain adalah cara biota laut ini buang air besar. Ubur-ubur hanya memiliki satu lubang yang fungsinya sebagai mulut dan anus. Oleh karena itu, ubur-ubur makan di tempat yang sama dengan tempat mereka buang air besar.

  1. Makhluk Paling Mematikan di Bumi

Setiap ubur-ubur memiliki sel tertentu yang disebut cnidocists. Sel tersebut berbentuk seperti anak panah dengan ukuran sangat kecil yang fungsinya untuk menyuntikkan zat beracun. Zat beracun tersebut dimanfaatkan ubur-ubur untuk alat berburu dan pertahanan diri mereka.

Kekuatan sengatan ubur-ubur bervariasi tergantung spesiesnya. Ubur-ubur paling berbisa di dunia adalah Ubur-ubur Kotak yang mampu membunuh manusia dewasa hanya dengan sekali sengatan. Selain itu, racun dari jenis ubur-ubur ini cukup untuk membunuh lebih dari 60 manusia.

Selain fakta di atas, ada informasi tambahan yang berguna untuk kita semua. Ketika Anda bermain di pantai atau area perairan, kemudian menemukan ubur-ubur yang terdampar di daratan. Jangan menyentuh ubur-ubur tersebut. Hal ini dikarenakan sel penyengat ubur-ubur masih aktif, meskipun ubur-ubur sudah mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *