Shadow

Inilah Manfaat Mendengarkan Musik

Sumber gambar: Hipwee

Reporter: Krisnia Rahayu

Mendengarkan musik memiliki beberapa manfaat bagi diri kita. Jika ingin tubuhmu kuat, kamu perlu olahraga, namun jika kamu ingin mengasah kekuatan otakmu yang kamu perlu lakukan adalah mendengarkan musik. Musik berpengaruh besar terhadap kesehatan otak ataupun tubuh. berikut manfaat mendengarkan musik, yuk simak.

1. Membantu redakan stres
Untuk menenangkan pikiranmu, kamu pasti sering mendengarkan musik yang kamu sukai dan berangsur-angsur kamu lebih tenang. Manfaat mendengarkan musik seperti ini bukanlah suatu kebetulan saja, namun ada penjelasan ilmiahnya. Kadar kortisol di tubuh akan menurun ketika kamu mendengarkan musik. Hormon yang bertanggung jawab merespon stres yaitu kortisol. Aktivitas fisiologis tubuh juga dipengarusi musik, seperti detak jantung, suhu tubuh, hingga tekanan darah. Musik yang temponya lambat akan menurunkan detak jantung, laju pernafasan, dan tekanan darah dan musik yang temponya cepat efeknya akan sebaliknya.

2. Ringankan gangguan kecemasan
Untuk mengalihkan perhatian kamu saat merasa cemas, cobalah mendengarkan musik. Dengan kamu mendengarkan musik maka kamuakan lebih rileks. Jika kamu memiliki riwayat gangguan kecemasan ringan maupun parah, nah mendengarkan musik bisa membantu mengatasinya. Para pasien kanker juga bisa mencoba mendengarkan musik agar lebih tenang sehingga lebih mudah berkomunikasi. Dengan mendengarkan musik kamu akan lebih tenang, nyaman, dan merasa lebih baik.

3. Musik baik untuk diet
Manfaat ini tidak di sangka-sangka bukan? Dengan mendengarkan musik, kamu akan merasa cepat kenyang, karena musik yang temponya lambat dan penerangan yang remang, akan membuat kamu makan dengan pelan, inilah sebabnya mengapa kamu merasa cepat kenyang. Jadi ketika kamu makan, ada baiknya kamu mendengarkan musik, musik dengan tempo yang lambat akan membuat kamu makan pelan sehingga akan cepat kenyang.

Sekarang sudah tahu ya apa saja manfaat musik. Jadi mendengarkan musik bukan hanya untuk hiburan saja namun juga ada beberapa manfaat lainnya. Selamat mendengarkan musik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *