Shadow

Inilah 5 Mitos & Fakta Tentang Minum Kopi

Fotografer: Mutiara Nur Shafira A

Reporter: M Habibur Rohman

Kopi merupakan salah satu minuman yang populer di masyarakat. Terlebih lagi,saat ini tren minum kopi sudah didukung dengan menjamurnya coffe shop di berbagai tempat. Meski begitu, sebagai salah satu minuman yang populer dan digemari oleh banyak orang, banyak mitos tentang kopi yang meleset dari fakta sebenarnya.

Mitos-mitos seputar kopi ini tentunya menimbulkan banyak perdebatan di antara kalangan pecinta kopi.  Oleh karena itu, berikut kami sajikan beberapa mitos dan fakta seputar kopi yang wajib kamu ketahui.

Pertama, kopi menyebabkan insomnia

Mitos yang sudah diketahui sejak lama ini tentunya membuat sebagian orang bingung. Padahal, faktanya insomnia tidak disebabkan oleh kopi, melainkan banyak faktor seperti efek samping obat-obatan, depresi, kurang tidur, kecemasan, kurang olah raga dan sebagainya.  Memang, setelah minum kopi yang dirasakan adalah mata kembali bugar dan rasa kantuk yang menyelimuti hilang.  Hal ini karena kafein dalam kopi memiliki manfaat yaitu untuk menghambat senyawa yang menyebabkan kantuk.

Kedua, ngopi  bikin badan jadi langsing

Jika kamu berpikir bahwa kopi bisa bikin badan jadi lebih kurus, sepertinya kamu harus berpikir ulang, karena hal tersebut hanyalah mitos. Faktanya kafein yang terkandung dalam kopi tidak memberikan banyak efek terhadap massa otot dan lemak di tubuh. Justru yang berpengaruh pada tubuh ideal adalah protein dan pola makan.  Jadi jangan salah beranggapan lagi ya!

Ketiga, ngopi  bisa bikin kecanduan

Mitos ini banyak menyebabkan banyak orang yang ingin minum kopi menjadi ragu. Pasalnya, minum kopi dianggap bisa bikin kecanduan. Padahal, anggapan ini tidak benar dan hanya sebuah mitos belaka. Faktanya, minum kopi dalam batas takaran yang dianggap wajar tidak akan menyebabkan peminum kopi kecanduan.  Meski begitu, hal ini mungkin saja terjadi bila konsumsi kopi teramat sering dengan takaran yang di luar batas wajar.

Keempat, minum kopi bisa bikin pusing

Kamu tidak perlu khawatir dengan mitos bahwa minum kopi bisa menyebabkan kepala menjadi sakit. Faktanya, kopi merupakan salah satu minuman yang dapat meringankan sakit kepala. Terlebih lagi saat kamu sedang mengalami keluhan sakit kepala sebelah atau migrain.  Kopi bisa dijadikan salah satu alternatif untuk membantu mengatasi sakit kepala yang kamu alami.

Kelima, kopi tidak baik untuk ibu hamil

Mitos ini membuat ibu hamil yang hobi minum kopi menjadi khawatir.  Padahal, pada dasarnya kafein tidak memberikan dampak buruk pada janin. Hal ini juga diperkuat dengan beluma danya studi yang mengatakan bahwa kafein berdampak buruk pada ibu hamil. Oleh karena itu, minum kopis aat sedang mengandung sangat boleh dilakukan, tentunya selama masih dalam batas yang wajar. Meski begitu, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan?

Nah. itulah lima mitos dan fakta mengenai kopi yang sering beredar di masyarakat.  Kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mitos-mitos tersebut karena fakta dan kenyataan menunjukkan hal yang lain dari mitos yang kamu dengar.  Sekarang, kamu bsia menikmati kopimu dengan lebih enjoy tanpa khawatir dengan mitos a-z yang menghantui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *