Shadow

Ini Berbagai Nama Shabu-Shabu Berdasarkan Bahan Dasar Daging yang Dipakai di Negara Jepang

Reporter: Anne Anisa

sumber ilustrasi: blog.kulina

Negara Jepang memiliki 4 musim, yaitu musim semi, musim  panas, musim gugur, dan musim dingin. Pada masing-masing musim, ada makanan favorit tersendiri yang dikonsumsi masyarakat Jepang, lho. Salah satunya adalah shabu-shabu yang menjadi makanan khas di musim dingin.

Shabu-shabu sendiri merupakan jenis nabe ryori. Jenis masakan ini adalah masakan yang dimasak di panci dan dimakan selagi hangat. Irisan daging yang tipis dicelupkan beberapa kali ke dalam panci sampai matang dan dimakan bersama saus tare. Shabu-shabu sendiri biasanya terdiri dari sayuran, jamur, dan daging yang dihidangkan dengan kuah kaldu segar. Seiring perkembangan zaman, shabu-shabu juga berkembang baik dalam isian maupun varian kuahnya.

Berdasarkan sebuah penelitian, shabu-shabu berasal dari Beijing dan bagian timur laut. Shuan Yang Rou merupakan nama dari masakan Tiongkok berupa irisan tipis daging domba yang dimasak di panci berisi air mendidih dan biasa dinikmati di musim dingin.

Kemudian, masakan ini dibawa masuk ke Jepang. Pada tahun 1952, restoran Suehiro di Osaka menghidangkan masakan berbahan dasar irisan tipis daging dan menamakannya “shabu-shabu”.

Pada zaman dulu, shabu-shabu hanya boleh dikonsumsi oleh bangsawan besar Jepang. Tetapi sekarang, shabu-shabu bisa dinikmati oleh semua orang, termasuk masyarakat Indonesia.

Tapi, tahukah kamu bahwa di Jepang ada berbagai jenis shabu-shabu berdasarkan bahan dasar daging yang digunakan? Simak info di bawah ini, ya.

4 Jenis shabu-shabu di Negara Jepang

  1. Niwatorishabu

Shabu-shabu jenis ini berbahan dasar daging ayam.

  1. Gyûshabu

Shabu-shabu jenis ini berbahan dasar daging sapi.

  1. Ramushabu

Shabu-shabu jenis ini berbahan dasar daging domba.

  1. Tonshabu atau Butashabu

Shabu-shabu jenis ini berbahan dasar daging babi.

Itulah nama shabu-shabu di negara Jepang. Kalau berencana makan shabu-shabu di Jepang, bisa perhatikan namanya dan sesuaikan dengan jenis daging yang ingin kamu santap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *