Shadow

Ini 5+ Bisnis Tanpa Modal, Tertarik Coba?

Sumber: Humaaans

Reporter: M Habibur Rohman

Modal adalah salah satu hal yang penting bagi setiap orang yang ingin memulai sebuah bisnis. Karenanya, masalah permodalan menjadi salah satu hambatan terbesar bagi banyak orang yang ingin memulai bisnis. Kebutuhan modal awal yang besar menyebabkan tidak sedikit calon pebisnis yang balik kanan saat ingin memulai usaha.

Tetapi, di era kemajuan teknologi yang super canggih seperti saat ini, modal bukan lagi hambatan besar bagi mereka yang mempunyai tekad dan mau bekerja keras. Nyatanya, di era sekarang, ada banyak pilihan model bisnis yang tidak memerlukan modal banyak atau bahkan tidak memerlukan modal sama sekali. Karenanya, model-model bisnis berikut ini bisa dijadikan sumber inspirasi bagi kamu yang ingin memulai usaha namun tidak memiliki banyak modal.  Apa saja model bisnisnya? Yuk simak informasi mengenai 5+ model bisnis yang tanpa modal yang kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

  1. Bisnis Affiliate

Affiliate adalah salah satu model bisnis yang tidak memerlukan modal. Teknisnya dilakukan dengan cara memasarkan produk orng lain atas nama pemilik produk atau jasa yang kita pasarkan. Nanti, ketika terjadi penjualan, maka kita akan mendapatkan komisi dari pemilik produk yang bisa dicairkan pada periode tertentu berdasarkan kesepakatan dengan pemilik produk atau jasa. Model bisnis affiliate ini sangat menjanjikan, selama ditekuni dengan serius dan disertai usaha yang keras.

  1. Bisnis Dropship

Dropship atau dropshipping adalah salah sati model bisnis yang juga tidak memerlukan modal. Secara sederhana, dropship adalah menjual produk orang lain atas nama kita, tentunya setelah melakukan kesepakatan dengan supplier yang kita pilih. Berbeda dengan reseller, dropship tidak perlu melakukan stok barang. Jadi, kamu tinggal fokus memikirkan berbagai strategi untuk memaksimalkan penjualan tanpa perlu pusing dengan stok barang. Nanti, ketika terjadi transaksi, maka pesanan akan dikirim melalui gudang atau alamat supplier atas nama toko kita. Karenanya, bisnis dropship adalah salah satu model bisnis yang sangat menjanjikan.

  1. Jasa Copywritter

Buat kamu yang hobi menulis, tidak ada salahnya mencoba untuk membuka jasa copywritter. Menulis memang bukan perkara mudah, apalagi membuat tulisan yang nyaman dibaca dan bisa mendorong pembacanya untuk melakukan tindakan tertentu yang berkaitan dengan bisnis kita. Itu sebabnya, tidak semua orang mampu menjadi seorang copywritter. Hal inilah yang membuat jasa copywritter sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan atau pebisnis yang terkendala dengan bahasa iklan. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa yang melayani pembuatan teks promosi dan sebagainya.

  1. Influencer

Berkumpulnya banyak orang di internet, khususnya media sosial menjadi peluang tersendiri bagi para pebisnis. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan promosi produk atau jasa yang mereka jual. Karenanya, jasa influencer sangatlah dibutuhkan di era media sosial seperti saat ini. Khusus kamu yang memiliki banyak pengikut di media sosial, baik instagram, tiktok, atau twitter, ini menjadi peluang emas uat kamu untuk menjadi seorang influencer. Tidak hanya kamu yang memiliki banyak pengikut di media sosial, kamu yang memiliki blog dengan trafik yang cukup banyak perharinya juga bisa menjadi seorang influencer loh. Tertarik untuk mencoba?

  1. Jasa Pembuatan Website

Tidak dipungkiri, hampir semua lini bisnis mulai beralih ke dunia digital sebagai antisipasi untuk memperesar jangkauan pemasaran. Karenanya, memiliki website bagi sebuah bisnis sangatlah penting.  Di sisi lain, tidak banyak orang yang memiliki kemampuan untuk membuat sebuah website. Oleh karena itu, buat kamu yang memiliki keahlian coding, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat agensi jasa pembuatan website.

  1. Publisher Iklan

Pernah kah kamu menemukan iklan ketika membuka sebuah web atau aplikasi? Tentu pernah dong. Hal tersebut merupakan hasil kerjasama antara penyedia jasa periklanan misalnya, Google dan MGID, dengan pemilik website atau aplikasi yang kamu kunjungi. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira buat kamu yang suka menulis di blog atau membuat aplikasi, karena kamu bisa menjadi mitra jasa periklananuntuk menampilkan berbagai iklan baik iklan gambar maupun iklan baris di website kamu. Hal ini bsia mendatangkan penghasilan yang cukup lumyan loh.

  1. Jasa Optimasi Kecepatan Website

Di masa sekarang, kecepatan dan kemudahan akses terhadap sebuah web merupakan hal yang penting untuk membuat pengunjung web merasa nyaman. Karenanya, kecepatan wrebsite sangat penting bagi perusahaan yang memiliki website agar tidak kehilangan pelanggan setia nya. Sementara itu, di sisi lain tidak banyak orang yang ahli mengutak-atik website agar memilii kecepatan yang prima. Karenanya, membuka jasa optimasi kecepatan web adalah peluang besar yang bis kamu ambil.

Nah, itulah beberapa jenis bisnis yang tidak memerlukan modal untuk memulainya. Hanya dengan tekad dan kemampuan yang kamu miliki, kamu sudah bisa membangun bisnismu sendiri. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *