Shadow

Ingin Bangun Bisnis Tapi Terkendala Modal? Dropship Aja!

Sumber: Qazwa.id

Reporter: M Habibur Rohman

Pepatah mengatakan, banyak jalan menuju roma. Artinya, banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapai suatu tujuan.  Hal ini berlaku juga dalam membangun sebuah bisnis. Saat baru memulai atau merintis sebuah usaha, sering kali pebisnis dihadapkan pada berbagai persoalan. Diantara banyaknya persoalan yang menghambat action dari para pebisnis pemula salah satunya adalah modal. Banyak pebisnis mengalami kendala modal saat baru merintis usaha atau bisnisnya. Padahal, di sisi lain, modal adalah faktor penting dalam mendirikan sebuah usaha atau bisnis karena berkaitan dengan penyediaan aset dan barang di awal.  Sementara itu, banyak pebisnis pemula yang ingin memulai usaha namun hanya memiliki modal yang minim. Bagaimana solusinya?

Sebagaimana pepatah bilang, banyak jalan menuju roma. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan modal yang cukup agar usaha bisa berkembang. Salah satu cara untuk mendapatkan modal adalah melalui pinjaman, baik yang diajukan ke bank atau meminjam ke sanak saudara. Hal ini dinilai cukup efektif dan cukup cepat untuk memperoleh modal. Akan tetapi, bagi kamu yang ingin memulai usaha tapi tidak ingin terbebani dengan tanggung jawab pinjaman, masih ada cara lain untuk membangun usaha dengan modal yang sangat minim, yaitu sistem dropship.

Apa Itu Dropship?

Secara sederhana, dropship atau drop shipping merupakan suatu manajemen penjualan produk yang dilakukan oleh seorang pengusaha tanpa harus melakukan stok barang sendiri. Dengan stistem dropship, alih-alih menyimpan barang dan mengirimkan pesanan langsung ke konsumen, hanya mengirimkan rincian kepada supplier, produsen, atau pengecer lain yang nantinya pesanan tersebut  akan dikirim ke pelanggan kita.

Misalnya, A memiliki sebuah toko online, kemudian B tertarik dengan produk di toko A dan melakukan pemesanan.  Pesanan yang masuk ke toko kemudian diteruskan oleh A ke produsen/supplier/pengecer lain (C), yang mana nantinya produk yang telah dipesan oleh B kemudian akan dikirimkan melalui C atas nama toko A.

Dengan demikian, adanya sistem dropship ini dapat membantu banyak pengusaha yang baru memulai atau merintis bisnisnya namun terkendala oleh modal. Sistem ini memungkinkan pebisnis menjalankan usaha tanpa modal yang besar, hal ini karena biaya yang dikeluarkan untuk modal hanyalah sebatas modal per barang saat transaksi terjadi.

Keuntungan Sistem Dropship

Beberapa keuntungan menjalankan bisnis dengan sistem dropship antara lain adalah, pertama, modal yang dibutuhkan tidak besar. Hal ini selain karena modal yang dibutuhkan hanya berupa harga modal per produk yang kita jual, pebisnis juga tidak dibebani oleh berbagai kebutuhan lain seperti sewa gudang, biaya distribusi, biaya pengemasan, karyawan dan sebagainya.  Oleh sebab itu, sistem ini sangat menguntungkan para pebisnis pemula yang baru memulai atau merintis usahanya.

Kedua, lokasi dan jam kerja yang dibutuhkan sangatlah fleksibel. Hal ini karena pebisnis tidak disibukkan dengan manajemen stok, pengemasan, distribusi dan lain-lain. Oleh karena itu, sistem dropship bisa dilakukan dengan lokasi dan jam kerja yang fleksibel.

Ketiga, mudah dan efisien. Sistem dropship membuat pebisnis tidak perlu memikirkan hal teknis menganai penyimpanan, pengriiman dan urusan lain mengenai produk. Pebisnis tinggal mencurahkan fokus dan perhatiannya pada penjualan dan pemasaran untuk mendatangkan konsumen.

Kekurangan Dripship

Di samping berbagai keuntungan dan kemudahan yang dimiliki oleh sistem dropship, terdapat juga beberapa kekurangan. Beberapa kekurangannya yaitu pertama, tidak memiliki kontrol terhadap barang. Tidak seperti pebisnis yang melakukan stok barang sendiri, pebisnis yang menggunakan sistem dropship tidak bisa secara langsung mengecek kondisi, kuantitas, dan kualitas produk yang dijual. Selain itu, tersedia atau tidaknya stok tidak bisa diatur sendiri, melainkan bergantung pada kemampuan suplier, produsen atau pengecer lain dalam melakukan stok barang.

Nah, itulah sekilas ulasan mengenai sistem dropship dalam dunia bisnis. Bagi kamu yang ingin merintis usaha tapi terkendala oleh modal, sistem dropship sangat layak untuk dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *