Shadow

Hilangkan Jamur Sampai ke Akar dengan 4 Bahan Alami Ini

sumber: Dokter Sehat

Reporter: M Habibur Rohman

Panu adalah kondisi di mana kulit terinfeksi oleh jamur dan menyebabkan bercak-bercak pada kulit. Panu dianggap sebagai dampak dari gaya hidup yang jorok dan kotor. Oleh sebab itu, tak heran jika panu menjadi aib tersendiri bagi penderitanya, terlebih lagi jika infeksi jamur terjadi di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah. Di samping itu,  panu juga menimbulkan rasa gatal dan efek tidak nyaman bagi penderitanya.

Penyebab utama yang mengakibatkan munculnya panu ialah pertumbuhan jamur yang berlebihdan pada kulit. Panu bisa terjadi pada remaja maupun orang dewasa. Gejala umum yang dapat dikenali jika seseorang terkena panu diantaranya adalah munculnya bercak atau bagian kulit yang berwarna lebih terang atau lebih gelap dari pada kulit di sekitarnya.

Banyak cara untuk menghilangkan panu dari kulit. Umumnya, pengobatan bisa dilakukan dengan obat-obatan yang berbentuk salep, krim, maupun shampoo antijamur. Meski begitu, ada juga beberapa alternatif lain unguk menghilangkan bercak panu, yaitu dengan menggunakan beberapa bahan alami berikut ini.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang banyak ditemui di Indonesia. Umumnya, kunyit digunakan sebagais alah satu bumbu untuk memasak. Meski begitu, kunyit menyimpan banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya ialah untuk menghilangkan panu. Kandungan curcumin dalam kunyit dapat membantu membasmi jamur yang menimbulkan bercak pada kulit.

Cara sederhana untuk membasmi jamur dengan kunyit bisa dilakukan dengan dua hal, yakni dengan kunyit bubuk maupun kunyit utuh.  Jika dengan kunyit bubuk, Anda bisa mencampurkan dua sendok kunyit bubuk dengan dua sendok makan cuka apel, lalu oleskan pada bagian  yang terinfeksi jamur. Diamkan hingga beberapa saat, setelah kering, Bilas dengan air hangat.

Bawang Putih

Sudah sejak lama bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari kandungan bawang putih ialah sifat anti jamur yang dimilikinya. Oleh sebab itu, bawang putih bisa dijadikan salah satu opsi untuk alternatif menghilangkan panu dengan bahan alami. Untuk menghilangkan panu dengan bawang putih, anda bisa makan 2 sampai 3 siung bawang putih serta minum air hangat untuk menghilangkan bercak pada kulit.

Lidah Buaya

Selain dikenal memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut, lidah buaya juga memiliki sifat antijamur dan antiinflamasi.  Oleh karena itu, menghilangkan panu secara alami bisa juga dilakukan dengan lidah buaya. Caranya, sediakan lidah buaya untuk diambil ekstrak gel nya, kemudian oleskan secara rutin pada bagian yang terinfeksi jamur selama beberapa minggu.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal sebagai fungisida yang alami, oleh karena itu minyak kelapa sangat bisa digunakan untuk membantu menghentikan pertumbuhan  jamur yang menginfeksi kulit. Caranya cukup sederhana, yakni oleskan minyak kelapa langsung pada kulit yang terinfeksi, lalu tunggu hingga beberapa saat. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan minyak kayu manis untuk mempercepat proses menghilangkan panu.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk menghilangkan atau menghentikan perkembangan jamur yang menginfeksi kulit. Hasil yang diperoleh tentunya juga sangat dipengaruhi oelh ketekunan dan konsistensi yang Anda lakukan. Oleh karena itu, cobalah beberapa bahan alami ini secara rutin agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *