Shadow

FAKTA DAN MITOS TENTANG SAMBARAN PETIR

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Hujan kerap kali datang dibersamai oleh petir. Kilatan cahaya yang terkadang disertai bunyi gemuruh di langit itu pasti pernah membuat kita bergidik ngeri dan takut akan tersambarnya. Sebenarnya petir adalah hasil penumpukan energi muatan positif dan negatif yang dibuang. Petir biasanya terjadi di dalam awan.

Nah, apa saja fakta dan mitos tentang sambaran petir? Berikut ini rangkumannya.

  1. Berlindung di Bawah Pohon

Banyak informasi beredar yang mengatakan bahwa tidak akan tersambar petir bila berlindung di bawah pohon, Faktanya, pohon tidak bisa melindungi kita dari sambaran petir. Malah pohon dikenal sebagai benda yang sering tersambar petir.

  1. Berlindung di Rumah

Selanjutnya, yang dipercayai oleh masyarakat adalah berlindung di rumah ketika petir menyambar. Banyak yang percaya bahwa petir tidak akan menyambar kita ketika kita berada di rumah.

Faktanya, petir tidak pilih-pilih ketika menyambar. Meskipun begitu, benda yang dapat menghantarkan listrik lebih berisiko tersambar petir daripada yang tidak dapat menghantarkan listrik. Jadi, sebaiknya ketika hujan kita mencabut semua barang dari stop kontak dan tidak menggunakan peralatan yang beraliran listrik.

  1. Tidak Boleh Berpakaian Merah

Beberapa orang percaya bahwa orang yang berpakaian merah saat ada petir akan tersambar. Faktanya, tidak ada korelasi antara petir dan warna baju. Petir menyambar apa saja dan di mana saja tanpa peduli benda tersebut berwarna apa.

  1. Tidak Menyambar Dua Kali

Yang dipercaya masyarakat selanjutnya adalah tidak akan tersambar lagi benda yang sudah disambar petir. Faktanya, petir dapat menyambar berkali-kali apa saja yang sudah disambarnya.

NASA sudah melakukan penelitian mengenai hal ini. Dari penelitiannya, NASA memaparkan bahwa petir dapat menyambar benda yang sama sebanyak tiga kali. Bahkan ada beberapa tempat yang bisa tersambar ratusan hingga ribuan kali, seperti The Empire State Building di Amerika Serikat.

  1. Hanya Menyambar Benda Tinggi

Petir tidak hanya menyambar benda atau tempat yang tinggi, namun semua benda atau tempat. Petir tidak pilih-pilih dalam melemparkan sambarannya. Meskipun begitu, petir cenderung memilih tempat terbuka, objek yang tinggi, dan tonjolan di permukaan bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *