Shadow

Diajarkan dari Bangku Sekolah Dasar, Ini 3 Tips Perbaiki Pola Tidur yang Berantakan

Reporter: Anne Anisa

sumber ilustrasi: herstory

Orang dewasa rentan mengalami sulit tidur. Hal tersebut salah satunya dikarenakan pola tidur mereka yang terlanjur berantakan. Kebiasaan nongkrong malam atau karena pekerjaan yang mengharuskan melek sampai larut malam bisa jadi pemicunya. Terlebih jika kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan secara rutin.

Idealnya, orang dewasa tidur selama 8-9 jam sehari. Kebutuhan ini harus dipenuhi agar seseorang dapat beristirahat dengan optimal.

Kalau pola tidur terlanjur berantakan, Anda harus cepat-cepat memperbaikinya. Simak 3 tips untuk memperbaiki pola tidur yang berantakan berikut ini!

  1. Buat jadwal kegiatan harian

Waktu zaman SD dulu, pasti pernah ditugaskan guru untuk membuat jadwal harian mulai dari bangun tidur sampai mau tidur. Coba terapkan kembali ilmu dari bangku sekolah dasar tersebut sekarang.

Tetapkan kapan Anda harus tidur, bangun, siap-siap bekerja, berangkat kerja, beraktivitas lain, sampai kembali tidur. Ingat, waktu ideal untuk tidur malam adalah 8-9 jam. Jadi, kalau harus bangun jam 5 pagi, maksimal Anda harus sudah tidur jam 10 malam.

Sesuaikan jadwalmu, ya!

  1. Jauhkan HP saat waktunya tidur

Terkadang, seseorang tidak dapat tertidur karena ia masih saja memandangi gawai miliknya. Padahal, tak ada juga yang penting dalam aktivitas tersebut.

Mulai dari sekarang, jauhkan gawaimu saat sudah waktunya tidur. Hal tersebut akan membantu Anda untuk lebih cepat tidur.

  1. Matikan lampu saat waktunya tidur

Kalau belum bisa tertidur pada jam yang telah ditentukan, coba lah matikan lampu kamar Anda.

Hasil penelitian dari New York University School of Medicine, Amerika Serikat menyatakan bahwa cahaya tetap dapat terdeteksi oleh kelopak mata saat seseorang tertidur. Kemudian, tidur dalam kondisi lampu menyala menghambat tubuh memproduksi hormon melatonin yang membantu seseorang tertidur lelap.

Itu dia 3 tips untuk perbaiki pola tidur yang berantakan. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.  Jika, gangguan tidurmu sudah sangat mengganggu dan tidak bisa diatasi sendiri, berkonsultasi dengan dokter sangat disarankan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *