Shadow

Dapat Mencerna Makanan di Luar Mulut, Ini Lima Fakta tentang Bintang Laut

sumber foto: earthbuddies.net

Reporter: Adelia Maulitania

Bintang laut merupakan salah satu penduduk laut yang cirinya tidak bertulang belakang. Penghuni laut ini dapat bergerak bebas menggunakan lengan-lengannya yang umumnya sejumlah lima atau lebih. Meskipun dapat bebas bergerak dengan merayap di sepanjang dasar laut, namun kecepatannya cukup rendah bila dibandingkan dengan kebanyakan spesies.

Nah, ini lima fakta tentang bintang laut yang menarik untuk diketahui.

  1. Dapat Regenerasi

Kemampuan unik yang dimiliki oleh bintang laut adalah dapat melakukan regenerasi. Apabila ada lengannya yang putus atau terluka karena serangan predator, ia dapat menumbuhkan kembali lengannya. Meskipun begitu, butuh waktu lama bagi bintang laut untuk dapat menumbuhkan lengannya. Umumnya butuh waktu sekitar satu tahun.

  1. Memiliki Mata

Sama seperti hewan lain. bintang laut memiliki mata. Mata mereka terletak di ujung lengan-lengannya. Jumlah mata bintang sama dengan jumlah lengannya. Hal tersebut disebabkan mata bintang laut terdapat di setiap lengannya.

Meskipun begitu, penglihatan bintang laut tidak sempurna. Penglihatannya sekitar 500 kali di bawah penglihatan manusia. Selain itu, bintang laut pada dasarnya hanya mampu melihat warna hitam dan putih.

  1. Selain Lengan, Juga Punya Kaki

Selain memiliki lengan yang lebih dari satu, bintang laut juga memiliki ratusan kaki. Kaki-kaki kecil mereka berada di bagian bawah tubuh yang berbentuk tabung super kecil.

Kaki-kaki kecil bintang laut inilah yang membantunya bergerak. Selain itu, kakinya juga dapat digunakan untuk memegang mangsanya, seperti kerang dan rumis.

  1. Tidak Memiliki Otak dan Darah

Bintang laut memompa air laut ke seluruh tubuhnya sebagai pengganti darah. Hal tersebut disebabkan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam air laut. Oleh karena itu, air laut dapat membuat organ tubuhnya bekerja dengan baik.

Selain itu, meskipun tidak memiliki otak. Hal tersebut tidak membuat hewan ini menjadi bodoh. Ia cukup pintar untuk menjauh dari predator dan mencari mangsa untuk makan.

  1. Dapat Mencerna Makanan di Luar Mulut

Bintang laut memiliki mulut berukuran kecil. Dengan ukuran mulut yang kecil, maka susah bagi bintang laut untuk melahap semua makanannya. Untuk mengatasinya, bintang laut dapat mencerna makanannya di luar mulut. Makanan yang telah dicerna di luar mulut, kemudian dimasukkan ke mulut dalam ukuran yang sudah jauh lebih kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *