Shadow

Cara Sederhana Tentukan Penulisan “di” Dipisah atau Disambung Secara Tepat Dalam Bahasa Indonesia

sumber ilustrasi: blog.elevenia

Reporter: Anne Anisa

Bahasa Indonesia mengenal “di” sebagai dua fungsi, yaitu prefiks dan preposisi. Prefiks adalah imbuhan pada bagian awal kata dasar. Sementara preposisi adalah kata depan.

Tak dipungkiri, kesalahan penulisan “di” masih ditemukan. Banyak tersebar tulisan “Rumah Ini Di Jual”, kira-kira salah atau benar ya tulisan itu? Mari kupas sampai tuntas.

Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), penulisan “di” sebagai prefiks disambung dengan kata yang mengikutinya. Prefiks “di” bisa dikatakan sebagai penanda kalimat pasif. Misalnya, dimakan, disiram, diambil, dan sebagainya. Agar mudah mengingatnya, biasanya “di” sebagai prefiks bisa diubah menjadi “me-“. Contohnya, dimakan jadi memakan, disiram jadi menyiram, diambil jadi mengambil, dan sebagainya.

Sementara itu, “di” yang menduduki fungsi preposisi (kata depan), maka penulisannya dipisah dengan kata yang mengikutinya. Sebagai preposisi, “di” berfungsi sebagai penanda keterangan tempat. Misalnya, di mana, di depan, di belakang, di Surabaya, dan sebagainya. Biasanya, “di” sebagai preposisi punya lawan imbuhan “ke”. Contohnya, “di mana” bisa jadi “ke mana”, “di depan” bisa jadi “ke depan”, “di rumah” bisa jadi “ke rumah”, “di Surabaya” bisa jadi “ke Surabaya”, dan sebagainya.

Kemudian, bagaimana dengan “di saat”? Penulisannya disambung atau dipisah? Jawabannya, tidak disambung atau dipisah. Penulisan yang tepat adalah “pada saat”. Hal itu dikarenakan preposisi “pada” digunakan sebagai penanda keterangan waktu.

Bagaimana sudah paham mengenai “di” yang dipisah dan disambung? Kalau sudah paham, balik lagi ke permasalahan awal ya. Jadi, kalimat “Rumah Ini Di Jual” adalah contoh penulisan yang salah. “Di” pada kata “dijual” masuk ke dalam fungsi prefiks, karena bisa diubah jadi menjual dan itu berterima. Lalu, “dijual” tidak berterima jika diubah menjadi “ke jual”. Jadi, kalimat yang tepat untuk menuliskan kalimat tersebut adalah “Rumah Ini Dijual”.

Nah itulah cara sederhana membedakan “di” yang dipisah atau disambung. Semoga bisa membantu dan membuat Anda tidak terkecoh dalam menuliskannya, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *