Shadow

Bersifat Pemalu hingga Jarang Penelitian, Ini Lima Fakta tentang Paus Berparuh Gerveis

fotografer: Patrick Dykstra

Reporter: Adelia Maulitania

Paus Berparuh Gerveis yang memiliki nama ilmiah Mesoplodon europaeus merupakan salah satu jenis yang paling jarang ditemui. Penelitian pertama mengenai paus ini bahkan merupakan penelitian yang diadakan dengan meneliti bangkai paus yang terdampar di pantai.

Nah, ini lima fakta tentang Paus Berparuh Gerveis yang menarik untuk kita ketahui.

  1. Terbesar dari Mesoplodon

Mamalia laut yang satu ini merupakan spesies dengan ukuran paling besar dari Mesoplodon. Berdasarkan informasi dari penelitian terakhir kali, paus ini memiliki berat sekitar 119 kg dan panjang mencapai 5 m.

Usianya diperkirakan dapat mencapai 27 tahun, namun ada juga yang menyebut paus ini dapat mencapai usia 48 tahun.

  1. Makanan Kesukaannya, Cumi-cumi

Menurut penelitian, jenis paus ini memiliki makanan kesukaan, yaitu cumi-cumi. Ketika ditemukan pada 2018 setelah 20 tahun tak terlihat, paus ini terlihat tengah mencari cumi-cumi bersama dengan Paus Sperma.

  1. Jarang Penelitian

Lembaga National Union for Conservation of Nature menggolongkan spesies paus ini ke dalam hewan yang memiliki sedikit data penelitian. Dokumentasi pertama dari mamalia ini adalah pada 1840 di Selat Inggris. Hingga 2018 silam, hanya ada sepuluh penampakannya langsung di dunia.

  1. Ciri Utamanya, Dua Gigi Putih

Ciri-ciri dari mamalia ini adalah dahi yang sedikit menonjol dan paruh yang sempit. Warna kulitnya agak keabu-abuan dengan warna bagian bawah tubuh agak abu-abu pucat. Ada bercak putih tidak beraturan di bagian perutnya. Selain itu, ciri utama dari paus ini adalah ukuran, bentuk, dan lokasi dua gigi putih di rahang bawah mereka.

  1. Bersifat Pemalu

Mamalia laut ini bersifat pemalu. Hal tersebut membuat paus ini sulit diburu kamera. Mereka mampu berenang di laut dalam selama sekitar satu jam dan hanya muncul ke permukaan dalam waktu yang singkat untuk mencari mangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *