Shadow

Bangun Bisnis Online Sekarang Juga, Ini Alasannya

Sumber: Pixabay

Reporter: M Habibur Rohman

Menjadi pengusaha yang sukses merupakan salah satu hal yang banyak dicita-citakan oleh orang. Meski begitu, tidak sedikit yang menyerah di awal karena alasan-alasan yang cukup “pasaran”, misalnya tak punya banyak modal, tak memiliki keahlian yang mendukung usaha, tidak memiliki jaringan atau koneksi yang memadai untuk merintis bisnis dan sebagainya. Alasan-alasan semacam itu membuat banyak orang memilih mundur saat merintis sebuah usaha.

Padahal, di zaman sekarang ini, banyak sekali alternatif yang bisa ditempuh untuk  membangun sebuah bisnis, bahkan tanpa modal yang besar sekalipun. Apalagi, di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang gulung tikar dan merumahkan pegawainya.  Karenanya, ini adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis online. Agi anda yang masih ragu untuk memulai bisnis online, berikut kami jabarkan beberapa alasan mengapa anda harus memulainya saat ini juga.

Pertama, investasi awal yang rendah. Saat terpikir untuk membuka sebuah bisnis, khususnya bisnis konvensional, yang terpikir di benak kita tentunya adalah modal yang cukup besar, misalnya untuk kebutuhan menyewa tempat usaha. Akan tetapi, lain halnya jika anda mendirikan bisnis online, anda bisa menjadikan tempat tinggal sebagai kantor atau tempat usaha. Kemudahan membanguns ebuah usaha tanpa harus pusing dengan modal yang besar menjadi salah satu keunggulan bisnis online yang utama. Jadi, tidak ada lagi alasan tidak punya cukup modal ketika membangun bisnis ya.

Kedua, fleksibilitas. Kemudahan dalam mengoperasikan bisnis dari manapun dan kapanpun menjadi salah satu manfaa yang Anda peroleh jika memiliki usaha online.  Hal ini membuat anda tidak perlu datang ke kantor setiap hari, mersakan macet dan dikejar tenggat waktu.  Anda bisa mulai bekerja kapanpun dan di manapun sesuai kemauan.

Ketiga, risiko kegagalan yang kecil. Saah satu hal yang paling dikhawatirkan banyak orang saat memiliki bisnis adalah risiko kegagalan atau bangkrut. Bayangkan, jika Anda sudah mengeluarkan banyak biaya untuk sewa tempat, gaji karyawan, stok barang dan biaya operasional lain, namun hasil yang diperoleh tidak mampu menutup biaya itu semua. Dengan begitu, resiko kegagalan dalam bisnis konvensional bisa dibilang lebih besar. Tetapi lain hal nya dengan bisnis online, investasi yang rendah saat memulai usaha menghasilkan risiko kegagalan yang lebih kecil

Keempat, jangkauan yang lebih luas. Jika Anda membuka sebuah toko, maka jangkauan pembeli Anda terbatas pada lokasi atau tempat di mana toko Anda berada. Namun, jika anda memiliki sebuah toko online, maka pembeli yang anda jangkau bisa lebih luas. Kecanggihan teknologi dan internet yang mendukung bisnis online dapat membantu Anda menjangkau orang yang lebih luas, tidak hanya di sekitar toko, bahkan jangkauan bisa diperlear hingga antarkota, antar propinsi dan antarnegara. Jangkauan yang leih luas memberikan Anda kemudahan untuk memasarkan produk agar penjualan lebih maksimal.  Dengan begitu, secara tidak langsung keuntungan yang diperoleh juga bisa lebih besar.

Nah, itulah empat alasan mengapa Anda harus memulai bisnis online saat ini juga. Di samping berbagai manfaat dan keuntungan yang akan Anda peroleh, hal yang paling penting adalah terbukanya lapangan usaha baru. Di masa sulit seperti ini, lapangan pekerjaan adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan banyak orang. Karenanya, selain bis amenghidupi diri sendiri, membuka bisnis online juga dapat membantu banyak orang lain.

Jadi, sudah siap memulai bisnis online sekarang juga?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *