Shadow

AIR MINERAL KEDALUARSA? INI DIA PENJELASANNYA

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Kita semua telah mengetahui bahwa pada kemasan air mineral biasanya tertera sebuah tanggal kedaluarsa. Selanjutnya, kita akan mulai menduga-duga. Air mineral bisa kedaluarsa? Bahayakah mengonsumsi air mineral yang telah kedaluarsa?

Nah, berikut ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberikan penjelasan terkait hal di atas.

Beredarnya informasi di masyarakat bahwa air minum kemasan yang dijual di pasaran memiliki masa kedaluarsa. Hal tersebut dapat dilihat dari tanggal kedaluarsa pada kemasan air mineral.

Faktanya, air tidak memiliki masa kedaluarsa. Adapun tanggal kedaluarsa pada kemasan air mineral merupakan tanggal kedaluarsa untuk kemasan air mineral. Botol plastik yang digunakan untuk menampung air mineral terbuat dari Polyethylene Terephthalate (PETE/PET) yang mengalami penurunan kualitas dalam setidaknya dua tahun. Hal tersebut dapat memengaruhi kualitas air. Oleh karena itu, biasanya tanggal kedaluarsa pada air mineral ditetapkan dua tahun setelah waktu produksinya.

Jadi, tanggal kedaluarsa yang tertera pada kemasan air mineral bukan semata-mata karena air di dalamnya tak layak konsumsi. Namun, lebih untuk menjaga kualitas plastik yang mewadahinya.

Adapun tujuan pencantuman tanggal kedaluarsa salah satunya adalah untuk menghindari efek butuk bagi kesehatan. Zat plastik pada kemasan air dapat larut ke dalam air seiring berjalannya waktu, kemudian mengontaminasinya. Bahan yang mengontaminasinya yaitu antimon dan bisphenol A (BPA).

Healthline menerangkan bahwa apabila zat tersebut terlalu sering dan banyak dikonsumsi akan terakumulasi dalam tubuh. Hal tersebut akan membahayakan kesehatan usus, pernapasan, dan keseluruhan tubuh.

Bahan PTE yang merupakan bahan untuk mengemas air mineral merupakan bahan yang sedikit berpori. Akibat dari sedikitnya pori itu akan membuat air yang tersimpan dalam kemasan tersebut dapat terkontaminasi. Oleh sebab itu, saat meminum air mineral yang sudah tersimpan lama akan timbul bau. Misalnya, terasa aneh di lidah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *