Shadow

6 Tips Menaikkan Mood Agar Tetap Produktif

Sumber: Pixabay.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Kadang kala, kamu terbangun dari tidur dengan keadaan semangat dan siap melakukan segudang aktivitas. Namun, kamu juga terkadang akan terbangun dalam keadaan lesu dan tidak bersemangat sehingga ingin pergi tidur kembali. Padahal, segala kegiatan yang menjadi kewajibanmu sudah menunggumu di hari yang baru.

Mood merupakan suasana hati yang mencerminkan suatu keadaan emosional. Mood sendiri terdiri dari bahagia dan sedih. Hal ini normal dirasakan oleh setiap manusia. Lalu, bagaimana mendapatkan mood bahagia agar tetap dapat beraktivitas?

  1. Lakukan Hobi

Kamu bisa lakukan berbagai kegiatan yang menjadi kesukaanmu. Bisa dimulai dari mendengarkan musik. Kamu dapat mencoba lagu yang memiliki beat cepat sehingga membuatmu bersemangat. Selain itu kamu juga bisa menonton film, hingga membaca buku.

  1. Konsumsi Makanan Kesukaan

Kamu bisa makan untuk mengatasi mood yang sedang turun. Apalagi dengan konsumsi makanan favoritmu, maka kamu akan merasakan bahagia kembali. Selain itu, kamu juga bisa konsumsi cokelat yang memiliki kandungan enzim polifenol yang dapat digunakan sebagai anti stres. Namun yang perlu diingat, kamu konsumsi dengan porsi yang wajar ya!

  1. Tidur

Dengan tidur, kamu dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu, sehingga moodmu yang turun akibat lelah dapat kembali lagi. Cobalah tidur 30 menit sampai satu jam untuk tidur siang. Agar ketika terbangun, tubuhmu akan kembali rileks.

  1. Tertawa

Jika kamu sedang dalam keadaan mood yang turun, lingkarilah dirimu dengan hal-hal positif. Kamu bisa membaca, atau menonton video-video lucu yang dapat menghiburmu. Hal ini karena tertawa dapat melepaskan hormon dopamin yang dapat membuat lebih bahagia.

  1. Bersyukur

Mood yang buruk dapat terjadi apabila sesuatu hal menimpamu. Namun kamu jangan terlarut pada apa yang membuatmu terpuruk. Kamu dapat bersyukur dengan mengingat-ingat hal yang pernah membuatmu bahagia dan jangan lupa untuk berdamai dengan keadaan ya.

  1. Meditasi

Apabila mood burukmu datang, maka kamu bisa beristirahat sejenak dengan meditasi. Kamu bisa mulai dengan mencari tempat yang tenang. Jauhi lingkungan yang membuatmu lepas kendali. Selanjutnya kamu bisa duduk tenang dan atur pernapasan perlahan-lahan dan teratur.

Di atas merupakan tips-tips yang bisa kamu lakukan ketika moodmu dalam keadaan tidak baik. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *