Shadow

5 Drama Korea yang Membuatmu Paham Tentang Kesehatan Mental!

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Isu kesehatan mental merupakan sesuatu yang masih dipandang setengah mata. Tak sedikit yang memberikan pandangan negatif kepada seseorang penderita gangguan mental. Hal itu disebabkan oleh ketidakpahaman orang lain mengenai isu ini. Meski akhir-akhir ini isu kesehatan mental mulai ramai dibicarakan, masih banyak yang belum mengerti mengenai isu tersebut.

Para aktivis kesehatan mental banyak menggembor-gemborkan isu ini di media sosial. Tak sedikit dari mereka yang membuat video-video agar menarik orang awam menontonnya. Selain itu, Korea Selatan memiliki caranya sendiri untuk membuat masyarakat sadar akan kesehatan mental. Berikut merupakan drama korea yang membahas mengenai kesehatan mental:

  1. It’s Okay, That’s Love

Drama ini bercerita tentang Ji Hae Soo yang merupakan seorang psikiater yang memiliki rasa trauma terhadap komitmen dalam pernikahan. Ia bertemu dengan Jang Jae Yeol yang merupakan seorang penulis novel dan DJ radio yang mengidap gangguan obsesif kompulsif akibat masa lalunya.

  1. It’s Okay To Not Be Okay

Drama ini bercerita antara dua orang yaitu Moon Gang Tae dan Ko Moon Young. Moon Gang Tae merupakan seorang pekerja di bangsal psikiatris yang bertugas menuliskan kondisi pasien dan menghadai situasi yang tidak terduga. Sementara itu Ko Moon Young adalah seorang penulis dongeng anak-anak populer yang menderita gangguan kepribadian antisosial.

  1. Kill Me, Heal Me

Cha Do Hyun memiliki pengalaman masa kecil traumatis yang menyebabkan dirinya memiliki penyimpangan memori dan kepribadiannya pecah menjadi tujuh kepribadian berbeda. Akhirnya ia mencoba mengubah mendapatkan kehidupan normalnya kembali dibantu oleh Oh Ri Jin, seorang psikiater residen yang kemudian jatuh cinta kepadanya.

  1. Good Doctor

Park Shi On merupakan seseorang yang mengidap austistic savant namun memiliki kemampuan dalam bidang kedokteran. Karena memiliki mental usia 10 tahun, banyak pihak yang meragukan kemampuannya. Akhirnya ia diberi waktu 6 bulan ntuk membuktikan keahliannya sebagai dokter khusus bedah anak-anak.

  1. Fix You (Soul Mechanic)

Fix You atau Soul Mechanic menceritakan tentang dunia psikiatri dalam menyembuhkan pasiennya. Lee Shi Joon merupakan seorang psikiater yang sangat bersemangat dalam bekerja dan menolong pasien. Sementara itu Han Woo Joo merupakan seorang aktris musikal yang mengidap gangguan kepribadian ambang. Keduanya bertemu dan Shi Joon  berusaha menyembuhkan trauma yang diidapnya, dan juga menyembuhkan Han Woo Joo.

Itulah drama korea bertemakan kesehatan mental yang akan menambah ilmu dan pemahamanmu lho. Kamu mau nonton yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *