Shadow

Tips Siasati Cuaca Dingin Agar Tak Mudah Sakit

Sumber: Kompas

Reporter: M Habibur Rohman

Apakah kamu merasakan cuaca yang lebih dingin akhir-akhir ini, khususnya di malam hari ? Jangan heran, cuaca dingin yang terjadi belakangan ini memang merupakan suatu hal yang lumrah terjadi. Terlebih lagi saat memasuki bulan-bulan juli-agustus ini. Sebagaimana kita tahu, pada tahun ini musim kemarau mengalami kemunduran, dan fenomena cuaca dingin seperti ini merupakan suatu hal yang lumrah terjadi.

Di tengah cuaca dingin yang melanda, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal, khususnya untuk mengantisipasi datangnya gangguan kesehatan akibat cuaca dingin.  Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyiasati cuaca dingin agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Apa saja tipsnya? Yuk simak informasi berikut ini.

Pertama, Gunakan Jaket & Selimut Saat Tidur

Puncak udara dingin terjadi saat malam hari, itu sebabnya kamu sebaiknya menjaga tubuhmu agar tetap hangat saat tidur. Kamu bisa menggunakan jaket dan selimu yang tebal untuk menutupi tubuhmu. Bila perlu, kamu juga bsia mengenakan kaus kaki untuk melindungi bagian kaki dari rasa dingin. Selain itu, kamu juga bisa mengenakan pakaian yang panjang dan tertutup saat siang hari atau sedang melakukan aktivitas di luar agar tidak kedinginan.

Kedua, Pakai Krim Pelembab

Tidak dipungkiri, cuaca dingin seringkali membuat kulit menjadi kering.  Oleh sebab itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai merek krim pelembab kulit yang aman untuk menjaga agar kulitmu tetap lembab walau cuaca sedang dingin.  Selain kulit, yang harus kamu perhatikan juga ialah bagian bibir. Cuaca dingin berpotensi membuat kulit di bagian bibir menjadi kering dan menimbulkan luka. Kamu bisa mengoleskan pelembab bibir agar bibirmu tidak kering pecah-pecah.

Ketiga, Kenakan Pakaian Kering & Bersih

Pakaian yang kering dan bersih membantu kamu agar tidak masuk angind an meriang akibat cuaca yang dingin.  Selain itu, manfaat mengenakan pakaian yang kering dan bersih saat udara sedang dingin seperti ini ialah mencegah timbulnya jamur. Sebagaimana kita tahu, jamur biasa tumbuh di tempat-tempat yang lembab. Oleh karena itu, mengenakan pakaian yang kering dan bersih adalah salah satu hal yang tidak boleh kamu tinggalkan saat cuaca sednag dingin seperti saat ini.

Keempat, Banyak Minum

Saat cuaca sedang dingin, biasanya kita menjadi malas untuk minum air putih. Hal ini karena kulit kita tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat. Meski begitu, agar terhindar dari dehidrasi, kamu harus tetap mendapat asupan air yang cukup. Jika kamu tidak nyaman mengkonsumsi air bersuhu biasa, kamu bisa minum air hangat.  Selain bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, air hangat juga memberikan sensasi hangat pada tubuh kamu.

Kelima, Makan Yang banyak

Saat cuaca sedang dingin, asupan nutrisi untuk tubuh harus tetap terpenuhi agar tubuh tetap fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit.  Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi. Kamu bisa makan-makanan yang hangat untuk menambah selera makan di saat cuaca dingin seperti ini. Makanan yang hangat dan bergizi akan membantu agar tubuh kamu tetap hangat dan mendapat porsi asupan nutrisi yang benar-benar cukup.

Nah, itulah beberapa tips sederhana untuk menyiasati cuaca dingin yang terjadi belakangan ini. Kamu bisa coba tips ini agar tubuh kamu tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *