Shadow

Tidur Setelah Makan, Ini Bahayanya

Sumber: Dream.co.id

Reporter: Krisnia Rahayu

Jika Anda terbiasa tidur setelah makan, maka Anda harus menghentikan kebiasaan ini. Bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan jika Anda merasakan kantuk setelah makan, bahkan ini adalah hal yang normal. Namun, jika Anda terbiasa tidur setelah makan, maka ketahuilah bahaya yang dapat terjadi.
Setelah Anda makan aliran darah akan terpusat ke saluran pencernaan. Kondisi yang seperti ini mengakibatkan aliran darah ke otak menjadi kekurangan oksigen hal ini menimbulkan rasa kantuk.

Namun jika Anda tidur setelah makan ini adalah sesuatu yang tidak baik bagi kesehatan sebab asam lambung naik ke kerongkongan dan masalah kesehatan lainnya.
Simak berikut bahayanya:

1. Ulu hati nyeri
Memang menyenangkan tidur setelah makan, namun pada penderita asam lambung dan GERD tidur setelah makan akan menyebabkan ulu hati nyeri. Lambung dibatasi otot dengan berfungsinya tenggorokan untuk membuka hanya pada saat menelan dan lalu menutup kembali.

Bagian otot cenderung tidak berfungsi dengan baik, pada orang dengan riwayat penderita asam lambung, sehingga naiknya asam lambung akan mudah.

2. Sistem pencernaan terganggu
Refluks esofagus disebabkan karena tidur setelah makan hal ini menurut beberapa pakar kesehatan. Makanan yang mulanya masuk menuju organ lambung akan berbalik arah kembali menuju tenggorokan dan mulut, ketika posisi berbaring.

Refluks esofagus atau yang dikenal esophageal reflux adalah kembalinya makan dari organ lambung menuju dalam esofagus, yakni saluran yang berfungsi sebagai pengangkut makanan yang berasal dari mulut menuju perut.

Saat makanan kembali ke esofagus dan mulut, memunculkan rasa pahit. Kering dan panas pada kerongkongan akan terasa. Seringkali ini dialami seseorang dan ia akan merasakan ingin muntah dan mulas. Aktifitas anda akan terganggu karena bahaya ini.

3. Menimbulkan risiko berat badan naik
Risiko berat badan naik adalah yang pasti akan terjadi karena tidur setelah makan. Kenaikan berat badan dipicu tidur setelah makan karena pada malam hari makanan berkalori tinggi akan lebih disukai, dan digunakan sebagai sumber energi. Kenaikan berat badan disebabkan asupan kalori yang banyak dan dapat menjadi lemak. Maka, berat badan tidak dipengaruhi waktu makan akan tetapi yang Anda konsumsi.

Setidaknya makan dua jam sebelum tidur memberikan waktu untuk tubuh Anda mencerna makanan, dan masalah pencernaan akan terbantu yang disebabkan tidur setelah makan. Jalan santai, duduk dan tidak berbaring selama 1-2 jam setelah makan. Yang memiliki asam lambung akan terbantu dengan hal ini. Konsumsi camilan sehat seperti kue dan gandum, jika rasa lapar menyerang Anda malam hari. Karbohidan dan sumber protein sehat pada makan ini.

Sumber: doktersehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *