Shadow

Sering Macet Saat menulis? Coba Tips Ini Agar Tak Kehabisan Ide

Sumber: Medium

Reporter: M Habibur Rohman

Tidak dipungkiri, menulis memang bukan suatu hal yang mudah. Meski terlihat gampang dilakukan, nyatanya, ide atau konsep yang sudah disiapkan sebelumnya seringkali menguap begitu saja ketika hendak menulis. Hambatan dalam menulis seperti ini nyatanya tidak hanya dialami oleh para penulis pemula, melainkan juga penulis yang sudah profesional. Kendala seperti ini tentunya akan sangat mengganggu sekali, terlebih lagi bagi penulis yang dikejar deadline. Untuk mengatasinya, coba beberapa tips berikut ini agar kamu tidak kehabisan ide untuk menulis.

Banyak Membaca

Banyak membaca tulisan lain yang sesuai dengan tema atau ide yang akan kita tulis adalah kunci. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan ide-ide atau inspirasi baru yang bisa kamu olah lagi untuk membuat tulisanmu lebih bagus. Pada dasarnya, menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Oleh karena itu, ketika mengalam kendala saat menulis, membaca bisa jadi salah satu solusi untuk merefresh kembali ide-ide agar lebih berkembang.

Selain mendapatkan banyak ide baru, dengan membaca tulisan lain, kamu bisa mendapatkan pandangan baru tentang gaya penulisan orang lain. Hal ini tentu sangat bergunauntuk kamu agar tidak menulis dalam gaya yang itu-itu saja. Selain itu, memahami gaya penulisan orang laind an mengaplikasikannya ke dalam tulisanmu lambat laun akan membuat kamu menemukan gaya menulismu sendiri.

Sering Diskusi

Dalam menulis, ide tidak harus selalu berasal dari diri sendiri. Terkadang, ide jugabisa datang dari orang lain. Oleh karena itu, diskusi adalah salah satu cara yang tepat untuk menggali lagi ide-ide baru yang bisa kamu tulis. Selain itu, diskusi membuat jalan pikiran menjadi lebih terbuka. Hal inis angat penting untuk memperdalam ide-ide yang akan kamu tuliskan.  Terlebih lagi ketika ide-ide yang kamu tulis merupakan persoalan yang rumit, maka diskusi akan membantu kemu mengurai satu persatu benang kusut di dalam kepala.

Mulai Aja Dulu!

Agar tidak kehabisan ide dalam menulis, kamu bisa mulai merutinkan diri untuk menulis agar semakin terbiasa.  Kamu bisa menulis apa saja secara spontan, misalnya sambil jalan santai saat sore hari, amati apa yang kamu temui dan tulislah hasil pengamatanmu sesampainya di rumah.  Hal-hal sederhana lain yang bisa juga kamu lakukan adalah berlatih mendeskripsikan sesuatu. Hal ini bis akamu coba dari sesuatu yang paling dekat dan sederhana, misalnya, berlatih menuliskan dan mendeskripsikan apa yang kamu rasakan, apa yang kamu inginkan dan sebagainya. Intinya, berlatihlah untuk terbiasa menulis dengan cara sesering mungkin untuk memperbanyak kegiatan menulis.

Jangan Malas Mencoba Hal Baru

Ide adalah suatu hal yang selalu berubah-ubah. Ide hari ini belum tentu sama jika dituliskan hari esok. Oleh karena itu, sebisa mungkins elalu mencoba hal-hal baru agar kamu tidak kehabisan ide saat menulis. Hal-hal baru yang bsia kamu coba adalah hal-hal yang ada di luar kebiasaanmu. Dengan cara ini kamu akan banyak menjumpai pengalaman baru yang bisa dijadikan sumber inspirasi dalam menulis.

Nah, itulah beberapa tips agar kamu tidak kehabisan ide saat menulis. Beberapa tips di atas bisa kamu coba dan kamu kembangkan lagi agar kamu menjadi penulis yang handal. Teruslah berlatih agar kamu tidak lagi kehabisan ide saat hendak menulis, karena semakin sering kamu menulis, kamu akan terbiasa dan kamu bisa menulis dengan mengalir. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *