Shadow

Sering Dilanda Kecemasan? Lakukan 5 Tips Berikut!

Sumber: Freepik.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Hidup tidak akan selalu berjalan dengan bahagia. Ada saatnya kita merasa tidak baik karena hal-hal tertentu. Bisa karena sesuatu yang nyata, hingga emosi negatif seperti kemarahan, atau kecemasan. Seringkali, kecemasan melanda di saat yang tidak tepat dan tanpa alasan.

Apabila kamu merasa cemas, kamu dapat lakukan hal-hal berikut:

  1. Meditasi

Meditasi yaitu proses melatih pikiran untuk fokus dan dapat mengarahkan pikiran kamu. Dengan melakukan meditasi, kamu dapat mengontrol apa yang ada di pikiranmu sehingga cemas yang muncul perlahan-lahan akan berkurang.

  1. Olahraga

Selain meditasi, olahraga juga dikabarkan dapat mengurangi kecemasanmu. Hal ini dikarenakan olahraga dapat melepaskan endorfin yang digunakan untuk melepaskan cemas. Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan, joging, hingga yoga.

  1. Hindari Media Sosial

Media sosial memang memiliki manfaat yang dapat membantu kamu dalam kehidupan sehari-hari. Namun, media sosial juga dapat meningkatkan kecemasanmu. Dengan terlalu sering melihat berita tidak baik, hingga melihat kehidupan orang lain dan membanding-bandingkan kehidupanmu dengannya, membuat kecemasan akan tumbuh di dalam diri. Dengan itu, apabila kecemasan muncul, hindarilah media sosial.

  1. Perhatikan Keadaan Sekitar

Apabila dilanda kecemasan secara tiba-tiba, kamu bisa merilekskan tubuh perlahan-lahan. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan. Perhatikan keadaan sekitar. Dimulai dari melihat ada berapa jendela di ruangan itu, bagaimana rasa kursi yang kamu duduki, perhatikan keadaan lantai, kemudian pejamkan mata, dengarkan suara yang terlintas. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengalihkan pikiranmu dari kecemasan tadi, dengan fokus dengan apa yang ada di depanmu.

  1. Jalani Pola Hidup Sehat

Selain cara-cara di atas, ada cara yang lebih mudah untuk membuat kamu dapat lepas dari kecemasan. Ciptakan kehidupan yang sehat dengan tidur yang cukup, olahraga rutin, konsumsi makanan yang sehat. Dengan mengontrol kebiasaan, akan meningkatkan kesehatan fisik dan mengurangi kecemasan.

Di atas merupakan cara-cara untuk mengatasi kecemasan yang mengganggu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *