Shadow

SELAIN AIR PUTIH, INI TUJUH MINUMAN SEHAT LAINNYA!

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Kalau berbicara tentang minuman sehat, tentu saja air putih tidak boleh dilewatkan. Minuman apapun yang kita konsumsi, kebutuhan air putih tetap harus terpenuhi. Kebutuhan rata-ratanya adalah delapan gelas per hari, tetapi bisa lebih banyak tergantung pada aktivitas fisik yang kita jalani.

Berikut ini tujuh minuman sehat selain air putih.

  1. Jus Buah atau Sayur

Jus buah atau dengan sayur atau buah-buahan asli. Sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral. Hal ini tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Selain itu, mengonsumsi jus jenis ini merupakan cara praktis untuk menikmati buah-buahan dan sayur-sayuran. Dalam hal ini, jus sayur lebih direkomendasikan daripada jus buah. Hal ini disebabkan lebih rendahnya kalori yang terkandung dalam jus sayur.

  1. Teh dan Kopi

Teh dan kopi murni mengandung antioksidan, flavonoid, dan zat aktif biologis lainnya yang baik untuk kesehatan. Teh hijau, khususnya, merupakan jenis teh yang sangat bermanfaat karena dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Selain itu, kopi juga bermanfaat melindungi tubuh dari diabetes tipe 2. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari dua minuman ini, kurangilah penambahan gula dan zat lain yang kurang sehat.

  1. Susu

Susu merupakan sumber protein dan mikronutrien yang penting bagi tubuh. Bagi anak-anak, susu adalah sumber utama kalsium dan vitamin D. Bagi orang dewasa, sebaiknya membatasi susu dan semua produk susu dengan mengonsumsi satu atau dua gelas per hari.

  1. Smoothie

Smoothie tidak berbeda jauh dengan jus buah dan sayur. Perbedaan smoothie dengan jus buah dan sayur adalah smoothies menggunakan buah yang teksturnya kental, kemudian mendapat tambahan yogurt atau susu kental manis. Namun, smoothie tidak direkomendasikan sebagai minuman harian. Hal ini disebabkan tingginya kandungan kalori dalam smoothie.

  1. Air Lemon atau Jeruk

Kandungan vitamin C pada lemon dan jeruk sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Minuman menyegarkan ini baik di konsumsi pada pagi hari dan sebaiknya dalam keadaan hangat, air lemon atau jeruk hangat. Namun, minuman ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika perut kosong bagi penderita gangguan pencernaan.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan hasil fermentasi dari susu. Kandungan prebiotik yang ada dalam yogurt sangat baik bagi pencernaan. Lebih bagusnya lagi, minuman ini dapat bekerja lebih baik dalam keadaan perut kosong.

  1. Air Kelapa

Air kelapa mengandung vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium, dan fosfor 3. Selain menyegarkan, minuman ini dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat dan menangkal radikal bebas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *