Shadow

SARAPAN MODERN YANG SEHAT, PRAKTIS, DAN TAK BIKIN GEMUK DENGAN GRANOLA

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Granola adalah jenis makanan yang berbahan utama campuran gandum, buah, dan kacang-kacangan yang dikeringkan dan dipanggang. Sekilas agak mirip dengan oat, tetapi granola dan oat adalah dua jenis makanan yang berbeda. Dilihat dari teksturnya, oat bertekstur halus dan lembut ketika dinikmati, sedangkan granola bertekstur renyah dan kering ketika disantap.

Kacang-kacangan pada granola diketahui sebagai sumber protein nabati tinggi, serat, dan lambat dicerna oleh tubuh. Hal ini berarti akan membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan berlebihan.

Selain itu, buah kering yang ada dalam granola mengandung kalium dan elektrolit yang penting bagi proses tubuh, khususnya fungsi sel dan kontraksi otot. Dalam granola juga terkandung karbohidrat yang menjadi sumber bahan bakar otot dan penyuplai energi. Meskipun begitu, seringkali bahan-bahan pembuat granola yang telah disebutkan di atas dibarengi dengan pemanis. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam memilih produk granola mana yang lebih rendah gula dan berkalori cukup besar.

Cara konsumsi granola sangat mudah. Anda dapat langsung memakannya atau menambahkan bahan lain. Bahan yang biasanya dinikmati bersama granola adalah susu rendah lemak, yogurt, atau buah-buahan segar (pisang, mangga, beri, biji labu kuning).

Ingat, meskipun merupakan menu sarapan yang sehat, praktis, dan tak bikin gemuk, granola sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Anda harus teliti dalam memilih produk granola yang lebih bermanfaat bagi tubuh. Mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi yang lain serta rutin berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *