Shadow

RAJIN MINUM AIR PUTIH? BERIKUT TUJUH MANFAATNYA BAGI KESEHATAN TUBUH

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Seperti yang telah kita ketahui bahwa air putih merupakan minuman wajib. Selain karena dibutuhkan oleh tubuh, ada banyak manfaat yang diperoleh dari rajin mengonsumsi air. Manfaat air putih tidak hanya terbatas pada kesehatan ginjal, lho! Nah, apa saja? Berikut ini tujuh manfaat rajin minum air putih bagi kesehatan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit memerlukan cairan agar menjaganya tetap lembap. Apabila Anda kurang minum air putih, maka kulit akan mengalami dehidrasi dan terlihat kering keriput. Oleh karena itu, rajin minum air putih dapat menjaga kesehatan kulit agar tetap lembap.

  1. Mempertahankan Fungsi Usus

Dengan rajin minum air putih, makanan yang kita konsumsi dapat melewati saluran pencernaan dengan lancar. Apabila konsumsi air putih tidak cukup, kita akan sering mengalami konstipasi. Hal tersebut disebabkan usus akan menyerap cairan dari feses untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga kita akan mengalami sembelit.

  1. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Cairan tubuh membantu pembentukan air liur di rongga mulut. Air liur berfungsi sebagai pembersih alami rongga mulut. Oleh karena itu, rajin minum air putih dapat menjaga kesehatan rongga mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

  1. Baik bagi Otot dan Sendi

Otot dan sendi memerlukan cairan dan elektrolit sebagai pelumasnya. Apabila kekurangan cairan, otot akan cepat kelelahan dan sendi akan terasa nyeri. American College of Sports Medicine merekomendasikan agar kita meminum 0,5 liter air dua jam sebelum memulai olahraga. Hal tersebut dapat menjaga kesehatan otot dan sendi agar tidak kekurangan pelumasnya.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Rajin minum air putih akan memenuhi kebutuhan cairan harian. Yang pada akhirnya akan memberi dampak baik bagi fungsi otak. Kinerja otak akan maksimal dan terhindar dari sakit kepala.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Darah membutuhkan cairan untuk membuatnya tetap lancar mengalir dalam tubuh. Apabila kebutuhan cairan tubuh kurang, maka darah akan mengental dan tekanan darah menjadi semakin tinggi.

  1. Memelihara Fungsi Ginjal

Manfaat rajin minum air putih yang paling utama adalah untuk kesehatan ginjal. Dengan meminum air putih, maka akan membuat urin terbentuk dalam ginjal dan membantu melarutkan mineral dalam saluran kemih. Hal tersebut dapat mencegah terbentuknya batu ginjal dan memelihara kesehatan ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *