Shadow

Nyata, Uang dari Daun

Sumber : Dhimasadiyan

Reporter : Adityaputra Dewantara

Saat kita masih berusia 3-5 tahun, hampir mayoritas anak Indonesia melakukan rekaya permainan dengan menggunakan daun sebagai uangnya. Tanpa disadari ternyata angan-angan anak kecil itu terjadi di era baru, bahkan keadaan seperti ini sempat gempar sebelum pandemi. Karena kekurangan dan susahnya perekonomian di tengah pandemi akhirnya era yang pernah pergi ini datang lagi.

Siapa sangka, Daun yang berwarna hijau dan terlihat biasa ketika dipandang, bisa menjadi ladang yang menghasilkan banyak uang. Bisnis tanaman anturium, kembali eksis di tengah pandemi. Bisnis yang menjual bentuk daun dan indukan daun tersebut kembali meroket. Harga satu daun kecil berukuran 1-2 cm saja bisa dibandrol 5-10 ribu rupiah, itu baru jenis daun kelas menengah ke bawah.

Lalu, apakah ada daun dengan kelas menengah ke atas? Tentu ada, mari kita sedikit mengingat beberapa peristiwa kebelakang. Ada daun seharga mobil Pajero, ada daun seharga rumah, ada daun seharga sepeda motor. Nampaknya era itu perlahan mulai kembali lagi, sudah banyak bandrol dari pengelola sekaligus perawat daun-daun tersebut. Ada yang sudah membandrol daun 5-7 cm seharga 1 juta rupiah, ada yang mengatas namakan induk baik dengan calon benih terbaik yang dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Menarik, tanpa kita sadari uang dari daun memang benar adanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *