Shadow

Muncul Pada Waktu Tertentu, Kenali 4 Jenis Gelombang Otak Manusia

sumber: sehatq

Reporter: Anne Anisa

Otak merupakan komponen penting pengaturan aktivitas manusia, mulai dari pikiran, gerakan, hingga fungsi tubuh homeostatis seperti detak jantung dan sebagainya.

Jaringan otak manusia menghasilkan gelombang listrik yang berfluktuasi, yaitu gelombang otak (brainwave). Gelombang otak yang muncul pada waktu-waktu tertentu menentukan kondisi kesadaran manusia. Kondisi kesadaran tersebut tergantung pada gelombang otak apa yang dominan pada suatu waktu tertentu.

Berikut ini merupakan empat jenis gelombang manusia yang bisa Anda cermati:

  1. Beta, frekuensi 12-25 Hz

Ini adalah gelombang otak manusia pada keadaan sadar. Gelombang dengan frekuensi tertinggi. Dalam kondisi beta manusia berpikir, melakukan kegiatan fisik, berinteraksi, dan merespon segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

  1. Alpha, frekuensi 8-12 Hz

Alfa adalah jenis gelombang dengan frekuensi lebih rendah sedikit dibandingkan beta. Alfa muncul pada kondisi rileks dan santai. Alfa disebut sebagai light trance atau kondisi hipnosis ringan. Pada kondisi alfa, gerbang alam bawah sadar manusia terbuka. Kemudian, dalam kondisi alfa, pikiran manusia dapat melihat gambaran mental secara jelas dan merasakan apa yang terjadi atau dilihat dalam pikiran.

  1. Theta, frekuensi 4-8 Hz

Gelombang ini muncul pada saat manusia melamun atau bermimpi dan terjadi REM (rapid eye movement). Pikiran bawah sadar manusia mengahsilkan teta. Pikiran bawah sadar menyimpan memori jangka panjang dan sumber inspirasi kreatif manusia. Selain itu, pikiran bawah sadar menyimpan materi psikologis dan materi yang berasal dari kreativitas yang ditekan atau tidak diberi kesempatan untuk muncul ke permukaan.

  1. Delta, frekuensi 0,1-4 Hz

Dari ketiga gelombang di atas, delta adalah gelombang otak yang paling lambat dan merupakan pikiran nirsadar. Otak manusia menghasilkan gelombang ini pada saat manusia tertidur lelap agar manusia dapat beristirahat dan mengembalikan energi.

Itu lah keempat jenis gelombang otak pada manusia. Beta muncul pada kondisi sadar, alfa muncul pada kondisi santai, teta dihasilkan oleh pikiran bawah sadar, dan delta muncul pada saat manusia tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *