Shadow

Jauhkan Ponsel dari Kepala Saat Tidur Jika Tidak Ingin Terkena 3 Dampak Buruk Ini

Sumber: hallosehat.com

Reporter: Krisnia Rahayu

Beberapa orang mungkin sering menyepelekan tidur dengan meletakkan ponsel didekat kepala. Karena mereka beranggapan hal ini tidak akan ada efek apapun bagi kesehatannya. Tetapi kenyataannya meletakan ponsel didekat kepala dapat menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan.

Menggunakan ponsel pada zaman ini mungkin sudah menjadi hal yang tidak luput dari kegiatan sehari-hari. Mulai dari pekerjaan, komunikasi, gaya hidup dan berbelanja sekalipun sekarang sudah bisa melalui ponsel.

Beberapa orang yang terbiasa meletakkan ponsel dekat kepala, sebaiknya menghentikan kebiasaan mereka tersebut, jika ingin terhinhindar dari dampak buruk seperti berikut ini:

1. Sel Otak Terganggu
Bahaya yang pertama saat meletakkan ponsel dekat kepala ialah terganggunya sel otak. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, susunan saraf manusia bisa terpengaruhi oleh radiasi ponsel, kanker atau tumorpun dapat timbul.

Hal ini dapat lebih berbahaya terutama pada anak-anak, karena anak-anak memiliki kulit kepala dan tengkorak yang lebih tipis dari orang dewasa sehingga lebih rentas terhadap radiasi yang berasal dari ponsel.
Radiasi ponsel jika didekatkan dengan kepala dapat merusak sel-sel otak. Hal ini dapat menyebabkan rentannya terhadap berbagai penyakit karena tubuh dikendalikan oleh otak sebagai pusatnya.

2. Susah Tidur
Cahaya biru akan dipancarkan oleh ponsel, tablet, tv dan gadget lainnya. Produksi hormon melatonim akan terhambat karena cahaya biru. Sehingga hormon melatonim yang mengatur tidur dan jam biologis tubuh akan terganggu.

Cahaya biru ini memancarkan gelombang yang panjang yang menyebabkan otak berpikir seakan masih siang, padahal sudah larut malam.

Akan lebih baik jika sebelum tidur untuk mematikan dan meletakan semua alat elektronik yang dapat memancarkan cahaya biru diruangan lain saat kamu tertidur.

3. Kemampuan Konsentrasi Berkurang
Dan yang ketiga bahaya meletakan ponsel didekat kepala saat tidur yaitu berkurangnya kemampuan konsentrasi. Kualitas tidur akan terpengaruhi oleh radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh jenis ponsel apapun.

Radiasi elektromagnetik ini dapat mempengaruhi kualitas tidur sehingga aliran darah yang disalurkan ke semua otot tidak maksimal. Oleh sebab itu banyak orang yang merasakan nyeri, kurang konsentrasi dan kurang fokus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *