Shadow

Ini Manfaat Mendongeng Sebelum Tidur Untuk Anak Usia Dini

sumber: gaya.tempo

Sejak zaman dahulu, mendongeng sudah dikenal dalam dunia mendidik anak. Namun, pada zaman ini masih ada tidak ya orang tua yang membacakan dongeng untuk anaknya sebelum tidur?

Menurut KBBI, dongeng merupakan kelas kata nomina yang berarti cerita yang tidak benar-benar terjadi. Sementara mendongeng adalah kegiatan menceritakan dongeng.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan mendongeng, yaitu:

Mendongeng jadi media untuk orang tua mendidik anak. Pendidikan ini didapatkan melalui pengajaran nilai-nilai kebaikan yang ada dalam cerita dongeng itu sendiri.

Selain mendidik, dongeng juga berperan dalam perkembangan kemampuan bicara anak, terutama anak di bawah umur tiga tahun. Anak akan mendapatkan banyak kosakata baru ketika mendengar dongeng yang dibacakan orang tuanya.

Lalu, mendongeng untuk anak bermanfaat untuk melatih daya ingat anak. Kamu bisa mengarahkan anak untuk menceritakan kembali dongeng yang telah dibacakan.

Terakhir, kegiatan mendongeng sebelum tidur juga akan menambah kedekatan antara orang tua dan anak. Kemudian, hal itu akan menjadi memori yang baik untuk anak pada saat dewasa nanti.

Wah, banyak juga ya manfaat mendongeng untuk anak. Selain untuk anak sendiri, kamu bisa mulai kebiasaan mendongeng sebelum tidur untuk adik, keponakan, atau saudaramu, lho. Selamat mendongeng ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *