Shadow

Ini Manfaat Air Tajin Untuk Tubuh, Tertarik Coba?

sumber: Dokter Sehat

Reporter: M Habibur Rohman

Generasi saat ini mungkin cukup asing bila mendengar istilah “air tajin”, hal ini karena minuman sehat ini sudah tidak lagi sepopuler dulu. Bagi kamu yang pernah punya pengalaman mengkonsumsi air tajin, begitu mendengar istila tersebut tentu langsung bernostalgia dengan masa lalu. Sebenarnya, apa sih air tajin itu? Secara sederhana, air tajin adalah air rebusan beras. Saat memasak nasi, sebelum air diserap habis, maka akan muncul cairan putih atau kuning yang matang yang kental dan bisa dikonsumsi.

Air tajin sudah sejak dulu dimanfaatkan oleh masyarakat secara turun temurun karena memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang dimiliki air tajin tentunya bergantung pada kondisi dan kualitas dari beras yang dimasak.  Berikut ini, kamis ajikan beberapa manfaat air tajin yang belum banyak diketahui oleh orang.

Tambahan Asupan Gizi

Karena bahan baku utamanya ialah beras, maka kandungan dari air tajin tentunya sama seperti beras. Beras sendiri merupakan bahan makanan yang mengandung berbagai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan yang dimiliki oleh beras diantaranya Vitamin B Kompleks, Vitamin E dan mineral. Selain itu, air tajin juga mengandung antioksidan yangs angat penting bagi tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi air tajin bsangat bermanfaat untuk menambah asupan nutrisi yang tidak diperoleh dari makanan lain.

Mengatasi Diare

Anak-anak sekali waktu pasti mengalami diare. Saat anak mengalami diare, jangan tergesa-gesa memberinya obat-obatan.  Kamu bisa coba memberikan air tajin, karena salah satu manfaat air tajin yang tidak banyak diketahui orang adalah membantu mengatasi diare pada anak secara alamiah.

Menambah Berat Badan

Seperti nasi, air tajin mengandung karbohidrat sebagaimana beras pada umumnya. Sementara itu, beras merupakan sumber karbohidrat yang dapat menghasilkan banyak kalori sebagai sumber energi. Oleh karena itu, konsumsi air tajin dapat membantu menambah berat badan, khususnya pada anak-anak.

Meningkatkan Imunitas

Salah satu kandungan air tajin yang paling dibutuhkan adalah antioksidan. Senyawa antioksidan ini paling banyak ditemui pada air tajin yang diambil saat memasak beras merah. Antioksidan sangat bermanfaat untuk melawan berbagai virus, jamur, dan bakteri. Dengan rutin mengkonsumsi air tajin, khususnya yang diambil saat memasak beras merah, dapat membantu menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Maanfaat Kesehatan Lain

Disamping 4 manfaat yang telah disebutkan, ternyata air tajin juga masih banyak mengandung manfaat, diantaranya ialah untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kesehatan organ tubuh lain seperti mata, telinga, dan rambut.  Selain itu, air tajin juga bisa dimanfaatkan sebagai pencegah reaksi alergi

Nah, itulah beberapa manfaat  yang dimiliki oleh air tajin. Jika dilihat dari berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya, tak herab mengapa orang tua di zaman dahulu rutin memberikan air tajin pada anaknya.  Tertarik untuk mencoba air tajin? Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dan merasakan rasanya yang unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *