Shadow

INI LIMA KHASIAT BUAH SEJUTA UMAT ALIAS PISANG

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Buah manis berwarna kuning yang digemari oleh seluruh umat manusia ternyata mengandung banyak manfaat. Di balik rasanya yang enak, buah mengandung nutrisi berupa karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin, B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.

Nutrisi yang terkandung dalam buah pisang sebanyak itu, lalu apa saja manfaatnya? Berikut ini lima khasiat mengonsumsi pisang bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Sumber Energi

Kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B6 dalam pisang dapat dijadikan bahan utama untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Oleh karena itu, pisang dapat dijadikan sebagai sumber yang baik saat beraktivitas fisik atau olahraga. Selain itu, pisang juga dapat membantu otot-otot bekerja dengan baik karena kandungan magnesium di dalamnya.

  1. Baik bagi Jantung dan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam pisang dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah jantung. Hal tersebut membuat pisang baik bagi jantung dan tekanan darah. Mengonsumsi satu pisang setiap hari dapat memenuhi sekitar 9% dari rekomendasi asupan harian kalium.

  1. Sumber Mangan yang Baik

Pisang merupakan sumber mangan yang baik. Dengan mengonsumsi dua buah pisang berukuran sedang dapat memenuhi kebutuhan harian mangan Anda. Manfaat angan adalah untuk membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh, membantu pertumbuhan tulang dan penyembuhan luka, serta mencegah migrain.

  1. Memperlancar Pencernaan

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung serat yang tinggi. Serat adalah zat gizi yang tidak dicerna, namn sangat bermanfaat bagi pencernaan. Dua buah pisang berukuran sedang dapat memenuhi kebutuhan harian serat Anda.

  1. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Pisang dapat membantu meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal. Dengan mengonsumsi pisang empat sampai dengan enam kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko terkena penyakit ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *