Shadow

Hindari 3 Dampak Buruk Ini dengan Tidak Olahraga Malam Hari

Olahraga malam
Sumber: Fitnessformen

Reporter: Krisnia Rahayu

Dikarenakan aktivitas ya terlalu padat, sering kali tidak sempat untuk olahraga dipagi hari, siang hari, ataupun sore hari. Sehingga ketika telah padat beraktivitas kita ingin berolahgra untuk menyehatkan tubuh, tidak ada pilihan lain selain dilakukan malam hari. Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun jika olahraga dilakukan pada larut malam maka akan merugikan tubuh kita. Olahrahraga malam hari ternyata menimbulkan beberapa dampak negatif pada tubuh.

Mengapa olahraga malah hari merugikan tubuh dan memiliki dampak negatif? Dikarenakan jam biologis tubuh, ketika malam hari tubuh kita mengingatkan kita untuk waktunya tidur. Saat Anda merubah jam biologis tubuh, maka jam biologis akan terkecoh dan mengubah fungsi tubuh. Ini akan mengakibatkan tubuh cepat lelah dan cepat merasa sakit. Kemudian apa saja kerugian dan dampak negatif olahraga malam hari. Simak penyebabnya disini.

1. Daya tahan tubuh berkurang

Berkurangnya daya tahan tubuh karena olahraga malam hari ini disebabkan kekurangan energi yang telah seharian beraktivitas tanpa jeda untuk istirahat. Dengan olahraga berat seperti angkat beban atau renang yang membutuhkan banyak tenaga, ini akan mudah terkena flu atau deman karena daya tahan tubuh yang lemah.

2. Mudah sesak nafas

Malam hari oksigen akan berkurang sehingga membuat Anda yang berolahraga malam hari akan mudah lelah dan kecapekan, karena olahraga membutuhkan banyak oksigen untuk pernafasan dan aliran darah ke jantung menjadi lancar. Setelah olahraga sesak nafas akan dipicu ketika berlangsungnya olahraga namun kekurangan oksigen.

3. Susah tidur

Susah tidur karena olahraga malam hari berdekatan dengan waktu istirahat tidur. Sebenarnya jika olahraga tidak berat ini dapat diatasi seperti melakukan kegiatan yang ringan dan menyenangkan.

Olahragamalam hari sama sekali tidak bolehkah? Sebetulnya olahraga malam hari tidak dilarang. Anda kapanpun bisa olahraga untuk menyehatkan tubuh. Namun yang perlu diperhatikan adalah melambatkan ritme olahraga dari biasanya. Melambatkan daya dan kecepatan berolahraga malam hari membuat tubuh lebih mudah mengatiur detak jantung, mengatur pernafasan, dan menjaga kadar hormon tetap normal. Selain itu anda perlu pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Mengendorkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, bisa terjadi ketika Anda pemanasan ini menyebabkan tidur Anda akan lebih nyenyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *