Shadow

GEMAR BERSEPEDA, INI LIMA MANFAATNYA BAGI KESEHATAN

 

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Bersepeda merupakan aktivitas ringan yang juga merupakan hobi bagi sebagian orang. Tahukah Anda? Bersepeda selama  30 menit setiap hari atau 2,5 jam setiap satu minggu yang dilakukan rutin akan memberi dampak baik bagi kesehatan Anda.

Manfaat yang Anda peroleh dari rutin dan gemar bersepeda adalah sebagai berikut.

  1. Baik bagi Kesehatan Jantung

Ketika Anda bersepeda akan meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah. Dengan bersepeda dengan rutin dan teratur dapat membantu menguatkan otot jantung. Otot jantung yang telah terbiasa terlatih akan lebih efektif dalam proses pemompaan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu, makin rendah risiko Anda terkena stroke dan serangan jantung.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Selain bermanfaat bagi jantung, rutin dan teratur bersepeda juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Proses pemompaan darah yang semakin efektif akan membuat kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular Anda semakin baik.

  1. Mengurangi Kadar Stres

Tubuh Anda akan melepaskan hormon endorfin ketika bersepeda. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif serta mengurangi rasa sakit. Dengan timbulnya rasa nyaman, maka akan mengurangi kadar stres yang menggelayuti Anda.

  1. Merawat Otot dan Sendi

Bersepeda melibatkan hampir semua anggota tubuh dan otot Anda. Rutin dan teratur bersepeda akan memberi manfaat baik pada otot dan sendi. Otot akan semakin kuat dan fleksibel yang membuat koordinasi dan keseimbangan tubuh Anda turut terlatih. Selain itu, sendi-sendi Anda juga akan semakin fleksibel.

  1. Menjaga Berat Badan

Semakin optimalnya kinerja kardiovaskular dan otot Anda, maka metabolisme tubuh dan pembakaran kalori juga turut meningkat. Kedua hal tersebut akan berdampak baik dalam menjaga berat badan Anda agar tetap ideal.

Imbangilah kebiasaan bersepeda Anda dengan pola makan yang bergizi seimbang. Hal tersebut akan memberikan dampak yang lebih baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *