Shadow

Corona adalah Senjata Persatuan

Sumber : Firda Asari

Reporter : Adityaputra Dewantara

Virus corona atau covid-19 membuat hampir seluruh negara di dunia mengalami tekanan yang luar biasa. Mereka dihadapkan dengan lawan yang tak terlihat dan mampu merusak tatanan negara, baik dari segi ekonomi, pendidikan, sumber daya manusia, dsb. Banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya, mahasiswa tertunda penelitianya, perusahaan gulung tikar, dan masih banyak lainnya.

Tapi dibalik dampak negatif yang ditimbulkan virus corona, banyak hal-hal positif yang dapat kita ambil hikmahnya. Sebut saja kita jadi semakin dekat dengan tetangga, saling bantu membantu dan saling peduli tetangga. Tanpa kita sadari ternyata kegiatan tersebut sangat membantu kita dalam melawan virus corona. Seperti yang disampaikan oleh WHO dan pemerintah, untuk melawan virus corona kita harus menjaga imunitas tubuh kita atau daya tahan tubuh kita serta melakukan kebijakan karantina wilayah guna memutus rantai penularan virus tersebut.

Karena karantina wilayah tersebut, maka timbulah kegiatan-kegiatan yang membuat warga wilayah, sebut saja kampung atau komplek menjadi lebih guyub dan memiliki banyak waktu untuk lebih dekat dengan tetangga sekitar. Hal tersebut dapat ditandai dengan mulai aktifnya pos ronda yang diisi oleh bapak-bapak dan pemuda kampung atau komplek tersebut, ibu-ibu kampung atau komplek saling berbagi hasil masakannya, seluruh elemen kampung atau komplek saling bahu membahu, gotong royong melakukan kegiatan pembersihan lingkungan dan penyemprotan cairan disenfektan. Dengan kegiatan tersebut, kampung atau komplek yang dulunya sepi dan sibuk ditinggalkan karena penghuninya yang sibuk dengan urusan kerjaan dan kegiatan di luar kembali menjadi satu dan bersatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *