Shadow

Butuh Refrensi Untuk Skripsi? Cek Sederet Tips Alternatif Mencari Refrensi Berikut Ini!

sumber: Hari Aspriyono

Reporter: M Habibur Rohman

Buat kamu yang saat ini sedang menuju proses penyusunan skripsi, pastinya sangat membutuhkan refrensi,bukan? Refrensi ibarat bongkahan berlian yang sangat berharga dan menjadi pijakan kamu dalam menyelesaikan mahakarya bernama skripsi. Jika pemilihan refrensi untuk skripsi kamu tidak tepat, bisa-bisa skripsimu dpenuhi “coretan indah” dari dosen pembimbing, bukan? Sayangnya, di masa pandemi seperti sekarang ini, menemukan refrensi untuk penelitian bukanlah hal yang mudah. Apalagi kampusmu merupakan salah satu yang menerapkan sistem kuliah daring, imbasnya perpustakaan ditutup dan kamu tidak bisa berburu refrensi di perpustakaan secara langsung. Jangan khawatir, ini sederet tips yang bisa kamu coba untuk mencari refrensi buat penelitianmu!

  1. Perpustakaan Digital

Kemajuan teknologi telah mendorong banyak universitas untuk melakukan digitalisasi terhadap karya-karya akademik. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari sumber refrensi yang tepat untuk penelitianmu.  Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai layanan perpustakaan digital di kampus kamu. Jika sudah mendpatkan informasi, kamu bisa mulai mencari refrensi yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu bisa juga mencari sumber rujukan melalui situs perpustakaan digital di kampus lain, baik di dalam negeri atau di luar negeri.

  1. Google Cendekia

Google Cendekia adalah sebuah layanan dari google yang memungkinkan kamu untuk menemukan informasi dan melakukan pencarian mengenai materi-materi pelajaran berupa teks yang tersedia dalam berbagai format. Layanan ini bisa kamu manfaatkan untuk menemukan sumber rujukan yang relevan dengan topik skripsi kamu. Caranya sangat sederhana, kamu tinggal mengetikkan topik yang akan kamu teliti, maka kamu akan disuguhkan berbagai macam penelitian tentang topik tersebut.

  1. Sinta

Sinta adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh Kementrian Riset dan Teknologi. Kamu bisa mengakses Sinta melalui situs resminya yaitu http://sinta.ristekbrin.go.id/. Dengan mengunjungi situs tersebut, kami bisa menemukan banyak jurnal ilmiah dari berbagai universitas yang bisa kamu jadikan sebagai bahan refrensi untuk penelitian skripsimu.

  1. Google Book

Google Book adalah layanan mesin pencari untuk buku. Layanan ini bis akamu manfaatkan untuk mencari sumber penelitian yang kamu butuhkan saat mengerjakan skripsi.  Dengan layanan google book, kamu bisa menemukan informasi seperti nama pengarang, judul buku, jumlah halaman, penerbit dan bahkan isi dari buku tersebut. Sayangnya, layanan ini sangat terbatas, beberapa buku mungkin tidak akan ditampilkan seluruh isinya. Meski begitu, google book juga tetap bisa kamu gunakan untuk mencari refrensi.

  1. Research Gate

Selain beberapa situs penyedia pulikasi ilmiah yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa mencoba layanan dari situs Research Gate. Research Gate adalah sebuah situs jejaring sosial gratis yang bisa dijadikan salah satu sumber mencari refrensi untuk skripsi kamu. Di dalam situs ini, kamu bisa menemukan berbagai publikasi ilmiah baik dari peneliti dalam negeri atau peneliti luar negeri. Kabar baiknya, situs ini menyediakan berbagai publikasi yang bisa kamu unduh. Kamu bisa mendaftar secara gratis melalui situs researchgate.net.

Nah, itulah sederet sarana yang bisa kamu coba untuk mencari refrensi buat skripsi kamu. Situs-situs di atas bisa kamu akses kapan saja dan bisa kamu pertimbangkan untuk menambah sumber refrensi yang kamu butuhkan. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, tentunya sangat susah mengunjungi perpustakaan, bukan? Sekarang kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mencari refrensi sebanyak yang kamu mau secara gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *