Shadow

BUNGA MATAHARI: MULAI ASAL NAMA HINGGA LAMBANG NASIONAL SUATU NEGARA

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Bunga yang bernama Latin Helianthus Annuus L ini banyak disukai oleh orang-orang. Selain karena warna dan bentuknya yang lucu nan cantik, juga karena beberapa hal yang menjadi keunikannya.

Tahukah Anda? Bunga kuning cantik ini sebenarnya merupakan jenis bunga majemuk. Tanaman ini tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Keunikan lainnya, kelopak bunga Matahari selalu condong ke arah matahari. Oleh karena itu, tanaman ini diberi nama bunga Matahari.

Luar biasanya, tanaman ini dapat tumbuh setinggi lebih dari 25 kaki. Rekor tertinggi ini terjadi pada tahun 1986 di Belanda. Sejak saat itu belum ditemukan lagi bunga Matahari yang setinggi itu. Ketinggian rata-rata bunga Matahari saat ini adalah tiga sampai dengan lima meter.

Selain itu, diameter kepala bunga ini dapat mencapai 32 – 35 inci. Hal tersebut terdapat di Kanada, namun tidak dengan bunga matahari di Indonesia dan beberapa negara lain.

Bunga matahari sendiri sebenarnya terdiri lebih dari 60 jenis yang menyebar di seluruh dunia. Sayangnya, hanya tersisa beberapa saja yang dapat ditemukan oleh para peneliti dan dapat bertahan sampai hari ini.

Yang tak banyak diketahui orang adalah benih tanaman matahari sebenarnya dapat mencapai 2.000 benih per bunga. Banyak orang yang tidak mengetahui keunikan ini, sehingga pembudidayaan bunga kurang maksimal.

Rupanya, tanaman ini merupakan bunga nasional Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat. Selain karena khas dan uniknya bunga kuning cerah ini, juga karena makna dan filosofi mendalam yang terdapat bunga ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *