Shadow

Baru Pertama Kali Bikin Website? Ini Tips Sederhana Memilih Nama Domain yang Tepat

sumber: IDCloudHost

Reporter: M Habibur Rohman

Selain hosting, untuk membangun sebuah website kamu juga memerlukan yang namanya domain. Domain menjadikan situsmu mudah ditemukan oleh pengunjung, ibarat sebuah rumah, domain adalah alamat yang mengantarkan pengunjung ke rumah kamu. Oleh karena itu, sebelum membangun sebuah website, kamu sebaiknya mempertimbangkan pemilihan nama domain yang tepat agar mudah ditemukan dan gampang diingat oleh pengunjung situsmu. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba sebelum membeli nama domain yang tepat untuk situs yang akan kamu buat.

  1. Kreatif dan Memuat Nama Brand

Seperti KTP, domain merupakan identitas dari situs yang akan kamu bangun. Oleh karena itu, sebisa mungkin pemilihan nama domain harus menggunakan kata yang kreatif dan tentunya mewakili brand dari situs yang akan kamu buat. Selain unik, domain yang kreatif dan memuat nama brand sangat bermanfaat untuk branding, sehingga situsmu bisa menjadi yang nomor satu di benak pengunjung. Beberapa cara agar domain kamu kreatif dan brandable  adalah sebagai berikut, pertama,  kamu bisa menggunakan kata baru yang belum pernah ada, misalnya seperti ‘google’, ‘yahoo’. Kedua, kamu bisa memilih kata yang dikembangkan dari kata yang sudah pernah ada sebelumnya, tidak harus sama persis tapi usahakan kata yang dipilih unik dan mudah diingat, msialnya seperti ‘Jamboo’ untuk situs yang menjual buah jambu.

  1. Pendek & Gampang Diketik

Nama domain yang pendek dan gampang diketik akan menjadikan situsmu semakin mudah untuk diingat. Oleh karena itu, sebisa mungkin gunakanlah satu atau dua kata saja untuk nama domain, misalnya  ‘siomayku’, hindari menggunakan nama domain yang panjang seperti ‘siomayaslibandungenak’.  selain itu, dalam memilih nama domain,s ebaiknya hindari penggunaan angka dan karakter lain, misalnya tanda sambung (-). Pengunaan angka dan karakter dalam nama domain dapat menjadikan situsmu lebih sulit diketik, akibatnya nama domain akan semakin sulit untuk diingat.

  1. Gunakan Ekstensi Domain yang Tepat

Ekstensi domain adalah susunan beberapa huruf yang terletak di akhir nama domain, misalnya .com, .net, .info dan lain lain. Sebelum membeli domain, pertimbangkan juga pemilihan ekstensi yang tepat dengan situs kamu, pilihlah ekstensi yang paling relevan dengan situs yang akan kamu bangun, karena masing-masing ekstensi memiliki fungsi tersendiri. Misalnya, .com untuk  website  komersil, perusahaan dan komunitas, .net untuk website  yang membahas tentang hal teknis seputar internet, .org untuk website organisasi atau komunitas nonprofit, .info untuk situs yang menyediakan informasi dan sebagainya. Kamu bisa menyesuaikan ekstensi mana yang paling cocok dengan situs yang akan kamu bangun.

  1. Hindari Pemilihan Domain Bekas

Sebelum membeli domain, sebaiknya kamu melakukan riset kecil mengenai sejarah kepemilikan domain tersebut. Pastikan apakah domain sudah pernah dipakai sebelumnya atau tidak, dan yang paling penting tentu saja adalah reputasi yang dimiliki domain tersebut tidak buruk.  Ini adalah poin penting yang harus benar-benar dipertimbangkan, pasalnya, menggunakan domain yang sudah pernah dipakai sebelumnya cukup riskan, hal ini tentu berkaitan dengan reputasi situs kamu ke depan. Apabila domain yang kamu pilih ternyata memiliki reputasi yang buruk, misalnya pernah melakukan pelanggaran atau penipuan, tentu akan menjadi sebuah kerugian tersendiri bagi situs kamu bukan?

  1. Harga

Faktor terakhir yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli domain adalah persoalan harga. Ya, beda warung tentu berbeda pula harga barang yang dijual bukan? Kamu bisa melakukan survei dulu ke beberapa penyedia domain yang bsia kamu pilih. Misalnya, untuk penyedia domain yang ada di dalam negeri, kamu bisa memilih Domainesia, Rumah Web, Niagahoster, Dewa Web, dan lain-lain. Jika kamu memiliki kartu kredit atau visa, kamu juga bisa melakukan pembelian penyedia domain yang ada di luar negeri, misalnya seperti Namechip, Qwords dan sebagainya. Apapun penyedia domain yang kamu pilih, pastikan domain yang akan kamu beli memiliki harga yang sesuai dengan anggaran kamu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memilih nama domain untuk situsmu. Yuk, coba sekarang, dan jadikan situsmu yang nomor 1 di hati dan benak pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *