Shadow

Awas! Jangan Minum Kopi saat Perut Kosong, Ini Akibatnya!

Sumber: Freepik.com

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Kopi memiliki beragam manfaat, seperti dapat menghilangkan stres, baik untuk metabolisme tubuh, mengurangi risiko diabetes tipe dua, hingga meningkatkan stamina. Karena manfaat yang terakhir itulah, seringkali kopi dikonsumsi pada pagi hari. Terlebih di saat malam harinya kamu begadang untuk menyelesaikan sesuatu.

Biasanya orang akan meminum kopi di pagi hari untuk membuatnya tetap terjaga dan menambah stamina. Namun, tahukah kamu bahwa ada dampak yang buruk apabila kamu konsumsi kopi saat belum sarapan? Berikut merupakan alasan mengapa kamu sebaiknya tidak minum kopi di saat perut kosong:

  1. Berdampak pada Produksi Hormon Kortisol

Hormon kortisol adalah hormon stres yang menyediakan energi dan mengendalikan stres. Hormon ini akan berada pada kadar tertinggi pada pagi hari. Hal ini tentu berdampak baik bagi tubuh karena dapat membantumu untuk beraktivitas. Namun, apabila kamu konsumsi kopi di pagi hari sebelum sarapan, hal ini akan membuat hormon kortisol menurun dan membuat tubuh akan mengandalkan kafein dalam menghasilkan energi.

  1. Mengiritasi Asam Lambung

Asam lambung merupakan cairan korosif yang jika dibiarkan menggenang di lambung tanpa makanan akan merusak lapisan lambung. Sementara itu, kopi merupakan minuman yang memproduksi asam. Apabila lambung belum terisi makanan, dan dimasuki oleh kopi, akan meningkatkan asam lambung sehingga menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan.

  1. Kafein Dapat Membuat Cemas

Ada penelitian yang mengatakan bahwa asam lambung berhubungan dengan kecemasan dan depresi. Dengan meningkatnya asam lambung, dapat membuat tubuh merasa cemas, hingga mengalami serangan panik. Biasanya orang akan merasa gelisah, gemetaran dan detak jantung yang semakin cepat.

Meski mengetahui dampak buruk minum kopi sebelum sarapan, tak jarang orang tetap melakukan kebiasaannya tersebut. Hal itu disebabkan tubuhnya yang sudah ketergantungan dengan kafein untuk meningkatkan energi. Baiknya, sebelum meminum kopi, kamu bisa sarapan terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan susu atau sesendok mentega untuk membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin sehingga mengurangi dampak buruk dari kafein tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *